Breaking News:

Berita Kalteng

VIDEO Sosialisasi Aturan Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Palangkaraya

Anggota DPR-RI Komisi VIII, H Iwan Kurniawan, minta warga Kalteng tidak cepat tergoda terhadap travel umrah dan haji yang menawarkan biaya murah

Penulis: Fathurahman | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Dalam penyelenggaraan Haji dan Umrah, selama ini banyak terjadi masalah terutama masalah pemberangkatan calon jemaah.

Ini disampaikan anggota DPR-RI Komisi VIII, H Iwan Kurniawan, kepada peserta sosiaisasi Peraturan Perundang-undangan penyelenggaraan Haji dan Umrah yang diselenggarakan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Hotel Bahalap Jalan RTA Milono, Kota Palangkaraya, Rabu (30/9/2020).

Dihadiri, sebanyak 100 orang, terdiri dari sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) Islam dan para penyelenggara haji se Kalteng.

Dikatakan H Iwan Kurniawan, selama ini banyak terjadi masalah terutama masalah pemberangkatan umrah. 

Kota Samuda, Penghasil Kelapa Andalan di Kotim Kalteng

Maling Motor Beraksi di Jalan Garuda Palangkaraya Kalteng saat Pemilik Mencari Cacing Umpan Mancing

Gedung Litbang Gambut Dibangun di UPR, Pemprov Kalteng akan Aspal Jalan Kampus

Polresta Palangkaraya Gencarkan Patroli di Masa Kampanye Pilkada Kalteng 2020

"Ini yang harus dibahas agar ke depannya tidak terjadi lagi. Kami dari DPR-RI juga terus membuat aturan dan undang-undang yang bisa melindungi jemaah haji dan umrah di lembaga dewan," ujarnya.

Kemudian, H Iwan berharap, warga Kalteng tidak terlalu cepat tergoda dengan travel umrah dan haji yang menawarkan harga pemberangkatan dengan biaya murah.

Apalagi, legalitasnya masih diragukan, agar tidak terjadi masalah belakangan hari. "Carilah travel umrah dan haji yang legalitasnya memang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan," pintanya.

Kemudian, peserta juga mendapatkan penjelasan dari Kepala Kemenag Kalteng, H Abdul Rasyid, dan Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu, Maman Syaifullah.

Disampaikan H Abdul Rasyid, dari kegiatan tersebut, para peserta diharapkan bisa memahami sekaligus bisa memberikan informasi kepada masyarakat terkait regulasi penyelenggaraan Haji dan Umrah di Kalteng khususnya.

"Harapan saya, dengan kegiatan, bisa dijelaskan secara komprehenship kepada masyarakat, terkait peraturan perundangan tentang ibadah haji dan umrah," ujarnya.

Kemumdian, dia juga berharap dengan adanya H Iwan Kurniawan anggota DPR-RI dari Komisi VIII yang menjadi mitra Kemenag, bisa terus bersinergi untuk kemajuan dan kelancaran penyelenggaraan haji dan umrah di Kalteng.

Dalam sosialisasi ini juga digelar dialog bersama sejumlah narasumber, terkait masalah penyelenggaraan Haji dan Umrah, serta isu-isu hangat lainnya. Termasuk, yang selama ini terungkap di media massa.

(Banjarmasinpost.co.id/ Faturahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved