Breaking News:

Pilkada Kotabaru 2020

VIDEO Pilkada Kotabaru 2020, Bawaslu Turunkan Baliho Calon Bupati Tanpa Nomor Urut

Tim gabungan di bawah Bawaslu Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalsel, melepas baliho pasangan calon pilkada yang tidak bernomor urut.

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Pergerakan puluhan petugas menyisir titik terdapat Alat Peraga Sosialisasi (APS) bergambar calon mengikuti kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru, Provinsi Kalimantan Provinsi Selatan, Minggu (4/10/2020).

Hal ini terkait dengan tahapan kampanye pada Pilkada Kotabaru 2020 yang jadwal pencoblosannya 9 Desember 2020.  

Mereka didampingi Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kotabaru, Akhmad Gafuri.

Dalam penyisiran di beberapa titik, ditemukan baliho bergambar calon yang terpasang di pagar area proyek. Kemudian, diturunkan petugas.

Beberapa baliho yang terpasang di pagar bangunan gedung olahraga (GOR), juga diturunkan. Bahkan, petugas tegas melepas baliho bergambar calon di Kantor DPD Golkar Kotabaru. "Ya, itu termasuk, harus dilepas," tukas Gafuri kepada petugas Panwascam di lapangan.

Pilkada Kotabaru 2020, Ketua Bawaslu Kotabaru Akui Dapat Informasi Indikasi Pelanggaran

Enam Nakes RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru Terpapar, Poliklinik Anak dan Kebidanan Ditutup

Perselisihan Petani Sawit dan Perusahaan, DPRD Kotabaru Belum Juga Agendakan Pertemuan

VIDEO Warga Kelumpang Selatan Kotabaru Setop Angkutan Buah Sawit Milik SKPE

Hanya, petugas tidak berani melepas spanduk bergambar Bupati Kotabaru Sayed Jafar (sebelum cuti) yang masih terpasang di beberapa kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Menurut Gafuri, baliho bergambar bupati (petahana) yang kembali mencalonkan diri dan terpasang di kantor dan dinas, Bawaslu Kotabaru menyerahkan ke pemerintah daerah untuk pelepasannya.

Oleh karena itu, Gafuri dengan tegas meminta kepada Penjabat Bupati Kotabaru mengintruksikan kepada kepala-kepala dinas untuk melepas. "Karena inikan sudah masanya, masa kampanye," imbuh Gafuri kepada Banjarmasinpost.co.id.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, terkait penurunan dan pelepasan selurus APS bergambar paslon, khususnya di Pulaulaut Utara kegiatan yang terakhir.

"Kemarin, kawan-kawan Panwascam sudah. Sebelumnya, Bawaslu sudah mengimbau kepada masing-masing paslon untuk melepas, sebelum penetapan calon," katanya.

Tidak dihirauakan, akhirnya Bawaslu bersama Panwascam melakukan pembersihan APS. Kecuali sudah pakai nomor, akan dikoordinasikan dengan KPU Kotabaru.

"Kalau yang bernomor itukan APK (Alat Peraga Kampanye). Kami akan hitung berapa jumlah per kabupaten. Dikonversikan yang dicetak KPU dan dicetak paslon," pungkas Gafuri.

(Banjarmasinjpost.co.id/Helriansyah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved