Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Helikopter Jatuhkan Bom Air di Sejumlah Lokasi Karhutla di Kabupaten Banjar

Terjadi kebakaran lahan di lima lokasi di Kabupaten Banjar, Kalsel, sehingga dijatuhi bom air untuk memadamkanannya.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BPBD KABUPATEN BANJAR
Kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (5/10/2020) 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kebakaran lahan terjadi di wilayah Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (5/10/2020). Mulai daeri areal bukit hingga lahan vegetasi ilalang yang terbakar.

Bencana Karhutla yang terpantau melalui udara helikopter, terjadinya di Desa Sungai Batang dan Desa Penggalaman, Tajau Landung, Kecamatan Martapura Barat. Luasannya belum dapat diketahui.

Pemadamannya dengan cara dijatuhi bom air dari helikopter dan juga oleh Tim Satgas Darat Karhutla Regu I BPBD Kabupaten Banjar.

Kermudian, karhutla di Desa Antasan Sutun Kecamatan Sungai Tabuk dan Desa Sindang Jaya Kecamatan Simpang Empat, api yang berkobar dijatuhi bom air dari hellikopter.

Capung Besi Bekerja Keras Lakukan Water Booming, Karhutla di Kalsel Masih Terjadi

Tim Satgas Darat Karhutla Kabupaten Tapin Terbantu Helikopter Water Boombing

Pipanisasi di Kawasan Hutan Lindung Guntung Damar Banjarbaru Siap Digunakan Atasi Karhutla

Satgas Karhutla BPBD Kalsel akan dioptimalkan sampai 30 November 2020

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana pada BPBD Kalsel, Sahruddin, mengatakan, saat Senin  (5/10/2020) menjelang sore ada intensitas kebakaran di areal kabupaten banjar.

"Tapi sebelum-sebelumnya, terjadi di kawasan hulu sungai, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Selatan di Daha Barat Daha Selatan dan Daha Utara. Kemudian,  Kabupaten Hulu Sungai Utara di Danau Panggang dan Babirik. Diperparah, tidak ada hujan di sana. Kondisinya yang terbakar rata-rata adalah rawa-rawa yang jauh dari Satgas Darat, " kata Sahruddin.

Dijelaskan Sahruddin, total sementara lahan terbakar sampai saat ini sekitar 400 hektare. Jauh menurun dibandingkan tahun lalu. Hal ini dipengaruhi kondisi cuaca yang kadang ada hujan lokal.

"Termasuk Alhamdulillah , di daerah Syamsudin Noor Kota Banjarbaru, sementara masih terkendali. Namun memang ada satu atau dua titik karhutla, tapi masih dipadamkan dan diatasi," kata dia.

( Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

  • Berita Terkait :#Berita Kabupaten Banjar
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved