Breaking News:

Pilkada Tanahbumbu 2020

Zairullah Azhar Sampaikan Program Pembelian Kapal Angkut Ikan Hingga Dirikan Pabrik di Kusan Hilir

Calon Bupati Pilkada Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, kampanye di Kecamatan Kusan Hilir janji pengadaan kapal angkut ikan dan pabrik pengalengan ikan.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MAN HIDAYAT
Calon Bupati Pilkada Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, saat kampanye di hadapan masyarakat Kecamatan Kusan Hilir yang membahas tentang perlunya pengadaan kapal angkut ikan dan pabrik pengalengan ikan, Selasa (6/10/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, miliki garis pantai yang cukup panjang dari Kecamatan Satui hingga Kecamatan Simpangempat. 

Rata-rata, wilayah pesisir merupakan nelayan yang mencari ikan di laut. Hanya saja, kapal pengangkut ikan masih berukuran sangat kecil sehingga perlu ditingkatkan.

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu, nomor urut 3 yakni HM Zairullah Azhar-Muh Rusli, berkomitmen untuk mempermudah nelayan menjual ikannya.

Tujuannya adalah membuka lapangan pekerjaan di wilayah Kecamatan Kusan Hilir yang dekat dengan pantai. 

Ada dua program yang difokuskan pasangan yang bergelar ZR ini, yakni pembelian kapal pengangkut ikan dan pembangunan pabrik ikan kaleng di wilayah Kecamatan Kusan Hilir.

"Kita di sini punya panjang pesisir sekitar 165 kilometer, potensinya luar biasanya. Makanya kenapa kita akan adakan kapal besar pengangkut ikan ini, yakni berkapasitas 8.800 ton," kata HM Zairullah Azhar, Selasa (6/10/2020).

Harganya memang tidak murah. Kapal yang direncanakan dibeli, harganya lebih kurang Rp 180 miliar. Namun penghasilan per tahunnya, bisa mencapai Rp 1 triliun.

"Ini akan mendongkrak pendapatan daerah. Nelayan juga dimudahkan dengan adanya kapal tersebut. Ikan cukup diambil diluar saja, nelayan akan lebih mudah menjualnya," kata Zairullah di tiap kampanyenya di Kecamatan Kusan Hilir.

Dengan adanya dukungan itu, keberadaan pabrik ikan kaleng juga akan mendongkrak perekonomian masyarakat. Sebab akan menyerap banyak tenaga kerja. 

"Ini yang kita utamakan, warga lokal kita. Jadi, wilayah ini akan lebih maju lagi. Ekonomi rakyat akan meningkat," katanya.

Program-program ini untuk membantu masyarakat dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Tanahbumbu ini.

Sebab itu, ZR meminta doa dukungannya untuk memenangkan pilkada 2020 yang akan dilaksanakan pemungutan suara pada 9 Desember mendatang. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved