Breaking News:

Pemandian Batu Badinding Balangan

Batu Badinding, Pemandian Alam Nan Mempesona di Liyu Kalsel

Objek wisata Pemandian Batu Badinding berada di Desa Liyu di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Seorang pengunjung di objek wisata alam, Pemandian Batu Badinding, Desa Liyu di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (8/10/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Digalakkan sebagai Desa Wisata, yakni Desa Liyu di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, menawarkan daya tarik alam tersendiri.

Kawasan desa yang berada di perbatasan ini memiliki banyak objek wisata yang rencananya akan dikembangkan. 

Bahkan belakangan, ada satu pemandian yang menjadi ramai dikunjungi sejumlah orang. Tempat tersebut,  dikenal sebagai Pemandian Batu Badinding.

Satu objek wisata di tengah hutan kawasan Liyu yang termasuk mudah ditempuh. Apalagi adanya akses dari Jalan Usaha Tani (JUT) yang bisa dilintasi secara nyaman.

Berjarak kurang lebih 4 kilometer dari permukiman warga di Desa Liyu, pelancong akan melihat pemandangan pegunungan. Terlebih jalan yang dilintasi adalah area ladang warga dan hutan di pegunungan setempat.

Baruh Bahinu Binjai Bersinar, Wisata Danau di Balangan Elok Nan Mempesona

Ingin Hasilkan PAD Mandiri, Desa Inan Balangan Buka Tempat Wisata Pemancingan  

Pengelola Batasi Pengunjung ke Objek Wisata Gunung Batu dan Maranting di Balangan

Puncak Kegiatan Wisata Budaya Dayak Meratus di Balangan Meriah

Diperlukan pula kemampuan berkendara yang mumpuni untuk ke tempat ini. Tentunya, didukung pula keberanian pengendara di area pegunungan.

Objek Wisata Batu Badinding saat ini belum resmi dibuka secara umum. Namun, tidak ada larangan adanya pengunjung.

Disampaikan oleh Ketua Pokdarwis Desa Liyu, Megi, pengunjung yang datang diharapkan menaati peraturan. Apalagi di masa pandemi Covid-19, mewajibkan penggunaan masker ketika berkunjung.

"Karena masa pandemi, jadi kami juga mengimbau agar pengunjung mentaati protokol kesehatan," ucap Megi.

Keberadaan Pemandian Batu Badinding rencananya juga akan menjadi pemasukan untuk desa. Selain itu, objek wisata ini dianggap cukup berpotensi apabila dikelola dan dikembangkan.

Sebagaimana namanya, objek wisata Batu Badinding dihiasi bebatuan alam yang menyisiri sungai. Setiap sisi sungai didindingi oleh bebatuan. Tingginya dinding batunya pun beragam.

Saat berkunjung ke tempat ini, akan menjadi lebih afdol ketika mandi. Terlebih airnya yang menyegarkan dan suasana hutan pegunungan yang menyatu.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved