Breaking News:

KalselPedia

KalselPedia - Banjarbilitas, Komunitas di Kalsel yang Peduli Kaum Difabel

Anggota Banjarbilitas di Provinsi Kalsel sekitar 100 orang, terdiri dari penyandang disabilitas, Juru Bahasa Isyarat, dosen, mahasiswa dan relawan.

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Alpri Widianjono
IG @BANJARBILITAS.ID
Banjarbilitas, komunitas di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, yang peduli kaum difabel. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Komunitas Banjarbilitas dibentuk seorang dosen muda di Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yakni Barkatullah Amin.

Misi dari komunitas ini, tidak lain adalah membantu penyandang difabel. Sejak berdiri akhir 2018 hingga saat ini,  sudah memiliki kurang lebih 100 anggota, terdiri dari kaum penyandang Disabilitas, Juru Bahasa Isyarat (JBI) dan Relawan Non Difabel.

Semua anggota Banjarbilitas sebagian besarnya berasal dari lingkungan UIN Antasari Banjarmasin. "Di Banjarbilitas, anggotanya tidak hanya kaum penyandang disabilitas, tetapi juga ada JBI dan relawan," kata Founder Banjarbilitas, Barkatullah Amin, kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (10/10/2020).

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kaum difabel, Banjarbilitas membahas isu seputar disabilitas melalui Program Acara Ngopibilitas.

KalselPedia - Banjarbilitas Rencanakan Pelatihan Barista di Banjarmasin untuk Kaum Difabel

KalselPedia - Penuhi Hak Difabel, Banjarbilitas Kalsel Rencanakan Bentuk KND

Acara dialog santai, sambil ngopi bareng, berbincang tentang isu disabilitas. "Ngopibilitas biasanya lebih ke advokasi dan edukasi," imbuhnya.

Agar bisa mengedukasi masyarakat, acara Ngopibilitas tersebut disiarkan melalui chanel Youtube Banjarbilitas.

Selain acara Ngopibilitas, Banjarbilitas juga rutin menlaksanakan diskusi internal setiap dua pekan sekali. Biasanya dilakukan di lingkungan kampus UIN Antasari, dimulai dari pukul 16.00 wita hingga 18.00 wita.

Kemudian, untuk pertama kalinya pula, perayaan Hari Disabilitas Internasional digelar di lingkungan UIN Antasari pada 3 Desember 2019 lalu. Dimotori oleh Banjarbilitas, bekerja sama dengan Dema UIN Antasari.

KalselPedia - Banjarbilitas Gagas Perayaan Hari Difabel Internasional di Perguruan Tinggi Islam

KalselPedia - Miliki Program Ngopibilitas, Banjarbilitas di Kalsel Angkat Isu Disabilitas

Selain menjadi wadah silaturrahmi, acara itu juga memiliki nilai edukasi, dengan cara penyampaian materi tentang Inklusivitas dan penerimaan keberagaman perbedaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved