Breaking News:

Berita Tapin

Suplai Air dari Bendungan Linuh Terhenti, Ribuan Ikan Nila di  Shabah Tapin Mati

Sebanyak 120 ribu ekor ikan nila yang dikelola Muhammad Arsyad di empat kolam mengalami kematian serentak, Selasa (13/10/2020).

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Muhammad Arsyad, petambak memunguti ikan nila yang mati di kolamnya yang kekeringan di Dusun Tampunang, Desa Shabah, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin, Selasa (13/10/2020). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Sebanyak 120 ribu ekor ikan nila yang dikelola Muhammad Arsyad di empat kolam mengalami kematian serentak, Selasa (13/10/2020).

Ratusan ekor itu mati serentak karena kekurangan suplai air dari irigasi bendungan Linuh yang dimanfaatkan petambak mengairi kolamnya.

Warga Dusun Tampunang, Desa Shabah, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, mengaku rugi puluhan juta.

Dia merinci biaya bibit ikan saja Rp 25 juta dan biaya pakan ikan sskitar Rp 5 juta.

Baca juga: Buntut 2,5 Juta Ikan Mati di Batola, Bantuan Bibit Terkendala Covid-19

Baca juga: Air Irigasi di Bendungan Linuh Tapin Surut, Petambak Ikan Resah

Baca juga: Keramba Ikan di Danau Riam Kanan Desa Tiwingan Aranio Banjar Sumber Mata Pencaharian Warga Setempat

Arsyad berharap kedepannya, pengelola proyek pembangunan Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kecamatan Piani, lebih bijak dan arif.

"Tolong kami diberitahu agar dapat melakukan antisipasi memindah ikan kami. Kalau kondisi seperti ini, ikan di kolam akan menyusul mati semua," katanya.

Abi, petani tambak lainnya mengaku mengalami kerugian Rp 50 juta. Ikan yang dikelolanya tak selamat dan mati karena dangkalnya air kolam.

"Pagi Minggu itu, saya kaget karena banyak ikan yang mati. Sebagian saya pindah dari kolam ke irigasi dengan jaring. Itu juga tak bertahan lama kalau air tak dibuka pihak Bendungan Pipitak Jaya," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved