Breaking News:

Talk Show

Terapkan One Gate System, Ini 'Jurus' Ponpes Darunnajah Jakarta Tangkal Penyebaran Covid-19

KH Sofwan Manaf mengatakan penerapan one gate system dinilai sangat ampuh dalam mencegah penularan Covid-19 di lingkungan pondok pesantrennya.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Suasana talk show zoom meeting 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Adanya pandemi Covid-19 membuat kegiatan di beberapa pesantren di Tanah Air terhenti.

Bahkan di beberapa kota seperti Cilacap, Banyuwangi, Bogor dan Tasikmalaya, klaster-klaster pesantren juga mulai bermunculan.

Satgas Penanganan Covid-19 pun mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan kampanye perubahan perilaku di lingkungan pesantren.

Terkait dengan hal ini, Pondok Pesantren Darunnajah rupanya memiliki cara tersendiri dalam menerapkan protokol kesehatan, yakni dengan menerapkan one gate system.

Baca juga: Razia Pekat Warung Malam di HST, Polisi Amankan 16 Pemandu Karaoke, Tiga di Bawah Umur

Baca juga: Hadiri Kampanye Saidi Mansyur, Camat Aluhaluh Dilaporkan ke Bawaslu Banjar

Baca juga: Tiga Desa di Tabalong Belum Ada Pelamar Pengawas TPS, Bawaslu Tabalong Perpanjang Masa Rekrutmen

"Kami melakukan one gate system, jadi tidak bisa bebas untuk keluar masuk bahkan diperketat. Dan kalau ada kunjungan dari wali murid, kami batasi hanya 80 orang saja. Itu pun dengan jarak dua meter, serta tidak boleh melakukan kontak langsung," ujar Dr KH Sofwan Manaf pimpinan Ponpes Darunnajah Jakarta.

Dalam talk show melalui zoom meeting dari Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta, Jumat (16/10/2020) sore, Sofwan menerangkan penerapan one gate system terbilang sangat ampuh dalam mencegah penularan Covid-19 di lingkungan pesantrennya.

Tak heran karenanya dari total 17 kampus yang ada, 15 di antaranya sudah mulai kembali buka dan menjalani aktivitas.

"Semua murid termasuk yang di cabang ada sekitar 13.500, dan sebanyak 8500 sudah belajar di lokasi masing-masing," jelasnya.

Selain menerapkan one gate system serta membatasi jumlah kunjungan wali murid, Sofwan juga membeberkan bahwa pihaknya juga sangat ketat menegakkan protokol kesehatan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved