Breaking News:

Berita Banjarmasin

Penilaian Akhir Lomba, Kelurahan Sungai Miai Banjarmasin Bentuk Pemangku Sungai Tungku

Juri lomba kebersihan sungai di Banjarmasin, Kalsel, menilai pemanfaatan fasilitas umum dan partisipasi masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan.

BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD RAHMADI
Sungai Tungku di Kelurahan Sungai Miai, Kota Banjarmasin, masuk dalam penilaian lomba, Sabtu (17/10/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tim Juri Lomba Maharagu Sungai ke-5 Tahun 2020 melakukan penilaian terhadap Sungai Tungku, Keluarahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (17/10/2020).

Ini adalah penilaian kali ketiga. Pada penilaian kali ini, Tim Juri turun ke lapangan, guna memastikan terpenuhinya komponen yang telah menjadi catatan pada penilaian sebelumnya.

Komponen itu adalah pemanfaatan fasilitas umum dan tingkat partisipasi masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan sungai.

"Oerhatian kami adalah partisipasi masyarakat, kolaborasi dengan tempat sekitar, juga upaya ,asyarakat untuk menjadikan sungai sehat dan bersih," kata Ketua Tim Juri Lomba Maharagu Sungai ke-5 Tahun 2020, Muhammad Ari, kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca juga: Zona Merah Covid-19 di Banjarmasin Bertambah, Begini Respon Calon Wali Kota Petahana

Baca juga: Sempat Kabur, Terduga Percobaan Bakar Istri di Banjarmasin Diamankan di Bawah Kolong Rumah Warga

Selain itu, Ari menilai akan lebih baik apabila di sekitar bantaran sungai terdapat sejumlah fasilitas umum, serta upaya pemanfaat sampah sungai.

"Lebih bagus lagi kalau kawasan bantaran sungai terbangun fasilitas umum, seperti pos pemantau, ada komunitasnya, kemudian ada upaya pemanfaatan sampah sungai dan pupuk kompos lainnya untuk dijadikan tempat penangkar bibit tanaman," ujarnya.

Setiap tahun ada 15 sungai yang dipilih untuk ikut berpartisipasi. Masing-masing dipilih 3 sungai, dari lima  kecamatan yang ada di Kota Banjarmasin.

Setelah dilakukan penilaian, tim juri akan mengumumkan 6 nominator. Seluruh nominator tersebut kemudian diwajibkan melakukan presentasi terhadap perubahan sungai beserta lingkungannya.

Baca juga: VIDEO Sejumlah Lokasi di Kota Banjarmasin Tergenang

Baca juga: Studio XXI Duta Mall Banjarmasin Kembali Buka, Begini Tanggapan Dandim 1007 Banjarmasin

Sementara itu, Lurah Sungai Miai, Maya Tanjung Putri, menjelaskan, bahwa respons dari warga sekitar sangat baik untuk menjadikan Sungai Tungku sehat dan bersih.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rahmadi
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved