Berita Banjarbaru

VIDEO Puluhan Ribu Masker Diangkut Helikopter Chinook ke Warukin Tabalong Kalsel

Heli Chinook angkut puluhan ribu buah masker ke Bandara Warukin Tabalong untuk didistribusikan ke daerah yang mengadakan Pilkada Kalsel dan pilbup

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Masker dibagikan di daerah-daerah untuk bisa dimanfaatkan KPU demi menyukseskan Pilkada Kalsel 2020.

Dan masker itu diangkut  Heli Chinook dalam jumlah puluhan ribu buah, ke  Bandara Warukin Tabalong.

Nantinya, petugas kabupaten terdekat (Hulu Sungai Utara dan Balangan) bisa ke Kabupaten Tabalong untuk mengambil maskernya

"Sehingga dengan membagi masker, bisa memutus mata rantai Covid-19, pilkada berjalan sukses dan minim terjangkit corona," kata Plt Kepala BPBD Kalsel, Mujiyat, Minggu (18/10/2020). 

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: Positif Bertambah 39 Orang, Terbanyak dari Kabupaten Balangan

Baca juga: Pilkada Kalsel 2020, KPU Rekapitulasi DPT Pilgub, ini Jumlahnya

Penerbangan ke Warukin ini adalah perdana untuk bantu masker. Nantinya untuk daerah lain yang juga menyelenggarakan pilbup, akan didrop di hari lain. "Sementara ke Kabupaten Tabalong dulu, HSU dan Balangan merapat nantinya," imbuh dia.

Masih dijelaskan Mujiyat, heli asal Amerika selain digunakan angkut logistik Alat Pelindung Diri (APD) pencegahan Covid-19, juga sudah diujicoba untuk menjatuhkan bom air di lokasi kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) dan hasilnya memusakan.

"Alhamdulillah, setelah mendarat di Syamsudin Noor dengan lancar, Senin (12/10/2020) sore.
Helikopter tipe chinook CH47D dengan registrasi N303AJ yang didatangkan dari Billings, Montana, Amerika Serikat, oleh PT Genesa Dirgantara yang dikerjasamakan dengan BNPB sangat efektif untuk atasi karhutla. Karena kapasitas air yang dibawa lebih banyak dan cukup efektif untuk water bombing, " tandas Mujiyat.

Heli yang punya dua mesin dan dua baling-baling depan belakang ini merupakan yang pertama di Indonesia yang diterjunkan oleh BNPB guna misi membantu Karhutla.

Baca juga: Kurangi Potensi Karhutla, Kadis LH Kalsel Sebut Ada 16 Unit Sekat Kanal di Lahan Desa Tatakan Tapin

Baca juga: Pilkada Kalsel 2020, Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Upayakan Pemeriksaan Covid-19 Para Petugas TPS

Kedatangan Chinook di Kalsel ini pun disambut baik oleh pihak BPBD Kalsel dan segera dioperasikan dan dioptimalkan selama 10 hari.

Selain memadamkan karhutla, helikopter dioptimalkan juga untuk kegiatan misi bantuan kemanusiaan sehubungan Covid-19. Kemudian, untuk pemetaan bencana banjir di Kalsel.

Dari pantauan, Minggu pesawat ini terbang ke Bandara Warukin Tabalong, Minggu (18/10/2020) sekitar pukul 09.00 Wita.

Sebelumnya saat Sabtu (17/10/2020), ribuan masker sudah didrop ke pesawat tersebut sampai mobil Innova yang 30 ribu masker pun masuk di dalam bagasi heli Chinook tersebut. Tapi karena kendala cuaca, jadi cukup makser saja yang dibawa ke Tabalong dengan penerbangan ditunda ke Minggu.

Baca juga: Heli Chinook 16 kali Bom Air Karhutla di Batibati Tanahlaut, Api Langsung Teratasi dan Padam

Baca juga: Mayoritas Karhutla di Luar Jangkauan BPBD Banjar, Manfaatkan Heli Water Bombing

Leasion Officer heli Chinook dari PT Genesa Dirgantara, Heru Susanto bersama Edho, menjelaskan, bahwa  helikopter besar dengan dua Rotor Blade inig dapat dipergunakan berbagai aktivitas penanganan darurat bencana, yang memiliki kemampuan daya angkat maksimum 50,000 lbs/25 ton.

"Helikopter ini pun dapat mengangkut dua setengah kali lipat air dibandingkan dengan helikopter-helikopter besar lainnya dalam kegiatan water bombing kebakaran hutan dan lahan," tandas dia.

Dijelaskan Heru Susanto, helikopter ini dipergunakan dengan maksimal oleh BNPB dan dipersiapkan untuk menangani kondisi darurat bencana seperti dropping logistik, evakuasi pada lokasi-lokasi yang terkena bencana dan untuk transportasi udara membawa laboratorium udara PCR untuk penanganan covid keseluruh provinsi di Indonesia.

Dijelaskan dia, pilot heli ini dipiloti oleh Robert Joseph Sperry dan Kenneth Allen Torrez, bersama kru, total tujuh orang yang semua dari luar negeri dan ditambah lima kru dari Indonesia.

( Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved