Breaking News:

Berita Ekonomi

Tak Disangka, Omzet Jasa Servis Komputer dan Laptop di Banjarmasin Per Bulan Tembus Rp 50 Juta

Tak hanya perhotelan, kuliner, perumahan yang terpukul akibat pandemi Corona, juga bergerak di bidang jasa, perbaikan laptop, komputer dan printer.

istimewa
Arif Rahman di tempat toko servis laptop, komputer dan lain-lain. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tak hanya perhotelan, kuliner, perumahan yang terpukul akibat pandemi Corona, juga bergerak di bidang jasa, perbaikan laptop, komputer dan printer all type, refill tinta dan toner.

"Di bulan Februari lalu, omset atau pendapatan kami sempat merosot hingga 80 persen," papar Arif Rahman, owner Toko Bengkel Printer Banjarmasin, Senin (19/10/2020).

Bersamaan dibukanya PSBB dan diberlakukannya new normal di Kota Banjarmasin, lanjut dia, orang yang minta serviskan laptop, printer, komputer dan lain-lain mulai meningkat.

Dijelaskan Arif, pelanggannya kebanyakan instansi pemerintah, sekolah dan masyarakat umum. Untuk sekolahan mulai dari PAUD , SD, SMP, SMA sampai ke perguruan tinggi seperti ULM , STIENas, STIMI dan lain-lain.

"Belajar melalui daring atau online juga cukup berpengaruh dengan permintaan servis. Ada penurunan sekitar 20 persen dari biasanya," ucapnya.

Juara pertama pemuda pelopor tingkat Kota Banjarmasin dan tingkat provinsi Kalimantan Selatan ini, yang menyervis laptop, printer, dan lain-lain mulai satu unit untuk perseorangan sampai puluhan unit untuk perkantoran.

"Biaya servis mulai Rp 50.000 hingga lebih, tergantung kerusakan dan alat diganti," ucapnya seraya menambahkan karyawannya ada satu orang.

Arif pun menambahkan omset penghasilan jasa servis per bulannya antara Rp 50 juta sampai Rp 100 juta.

Baca juga: Sebulan, Jamu Tradisional Olahan Pebisnis di Banjarmasin ini Terjual Capai 1.400 Botol

Baca juga: Orderan Minuman Kasturi Sepi, Pelaku UMKM di Banjarmasin Beralih ke Bisnis Kue Tampah dan Pengantin

Pemuda berusia 32 tahun ini pun bercerita, awal merintis usahanya dengan modal Rp 10 juta dari uang sendiri.

Menariknya, Arif sewaktu sekolah di SMK jurusan Akuntansi. "Tapi saya ada mengambil pendidikan training non formal di Jakarta, spesialis perbaikan laptop, komputer dan printer. Sepulang di Banjarmasin, saya kembangkan usahanya," tandasnya.

Menurutnya, walau pun bukan sekolah dan kuliah di jurusan teknik komputer, asal punya kemauan dan tekad yang kuat , Insya Allah akan di permudah oleh Allah SWT.

Berkat usaha di jasa servis komputer, laptop dan lain-lain, sekarang Arif sudah memiliki dua buah rumah. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: M.Risman Noor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved