Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Umur Petugas KPPS di Banjarbaru Dibatasi, Begini Alasan KPU

Usia petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang terlibat di Pilkada Banjarbaru 2020 dibatasi.

Penulis: Aprianto | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Ketua KPU Kota Banjarbaru Wahyu Hegar Hidayat. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Usia petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang terlibat di Pilkada Banjarbaru 2020 dibatasi.

Ketua KPU Kota Banjarbaru, Wahyu Hegar Hidayat mengatakan perekrutan petugas KPPS mengacu dengan PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan Tahun 2020 dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19.

PKPU ini telah mengatur tata laksana agar Pilkada di tengah pandemi ini tetap bisa berjalan dengan maksimal. Termasuk di dalamnya terkait KPPS.

"Untuk Pilkada 2020 ini, ada aturan yang berbeda dari sebelumnya yakni usia petugas KPPS yang terlibat di Pilkada 2020 dibatasi. Ada batasan minimal dan maksimalnya," katanya, Selasa, (20/10/2020).

Baca juga: Kuota KPPS di Pilkada Banjarmasin Terpenuhi, Perpanjangan Pendaftaran Ditutup

Baca juga: Pilkada Banjarmasin 2020, Kuota Belum Terpenuhi, Pendaftaran Anggota KPPS Diperpanjang

Baca juga: Pilkada Kalsel 2020, KPU Tapin Umumkan Rekrutmen KPPS, 7 Oktober Penerimaan Berkas Pendaftaran

Perubahan terjadi di pasal 20 ayat 2 PKPU No 6 Tahun 2020. Dalam pasal tersebut mengatur terkait batasan usia bagi petugas KPPS dalam Pilkada 2020 ini.

Adapun bunyi Pasal 20 ayat (2) dalam PKPU No 6 Tahun 2020 yang dimaksud adalah syarat usia untuk menjadi anggota KPPS pada Pilkada 2020, paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 50 tahun.

Dalam aturan ini, PKPU juga mengatur jika petugas KPPS diwajibkan dalam kondisi yang sehat. Hal ini sebagai upaya pencegahan tidak terjadinya penularan Covid-19.

Baca juga: KPU Kalsel Berharap Usia Petugas PPK, PPS dan KPPS Pilkada 2020 Maksimal 60 Tahun, Antisipasi Korban

"Ada pengaturan usia ini, karena situasi pandemi covid-19. Tentunya, semua petugas harus dalam kondisi yang sehat dan bugar," ujarnya

Disinggung soal jumlah pelamar, dikatakan Hegar dirinya belum memegang data validnya, namun yang jelas untuk jumlah petugas KPPS sudah mencukupi sesuai dengan yang diperlukan. Termasuk dari segi usia juga sudah sesuai aturan PKPU Nomor 6 Tahun 2020.(banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved