Breaking News:

Berita Banjarbaru

Penataan Kawasan Religi Sekumpul Martapura Akan Dilakukan Besar-besaran

Penataan kawasan Sekumpu, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel, pelebaran jalan, revitalisasi trotoar, drainase, pusat jualan dan museum.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, John Wenpi Wetipo, ketika memberikan sambutan di Pemprov Kalimantan Selatan soal infrat sruktur, Rabu (21/10/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU – Penataan (revitalisasi) kawasan Sekumpul Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, direncanakan mulai tahun depan hingga 2023 untuk menjadi destinasi wisata religi nasional.

Penataan itu meliputi pelebaran jalan, revitalisasi trotoar dan drainase, dan pembangunan kawasan berjualan yang representatif bagi pelaku UMKM.

Selain itu, di lokasi Sekumpul diprogramkan akan dibangun museum peradaban Islam Banjar.

Di lokasi muesum itu nantinya akan menyuguhkan sejarah penyebaran Islam di Banua, beserta tokoh-tokoh yang berjasa dalam mengenalkan agama samawi tersebut ke tanah Banjar.

Baca juga: Covid-19 Melandai, Dinkes Kabupaten Banjar Jalankan Imunisasi Hingga Pemberian Tablet Tambah Darah

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: 42 Sembuh Terbanyak dari Balangan, Positif 20 Terbanyak dari Banjarbaru

"Nanti akan dibangun gerbang yang desain karakternya adalah Madinah dan Banjar. Insya Allah tahun 2021 mulai terlihat kawasan sekumpul berubah total aksitektur dan keindahannya," kata anggota Komisi 5 DPR RI Dapil Kalsel 1, Rifqinizami Karsayuda, mendampingi kunjungan kerja Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, John Wempi Wetipo, di Kalimantan Selatan, Rabu (21/10/2020) .

Sebagaimana diketahui, kawasan Sekumpul yang adalah ikon wisata religi melekat di Banua karena ada makam ulama kharismatik, KH Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul.

Saban tahun ketika haul, jutaan umat muslim berkumpul memperingati haul Guru Sekumpul ini.

Disampaikan Rifky Nizami Karsayuda, sebagai tahap awal Kementerian PUPR kemungkinan mengucurkan dana APBN paling besar sekitar Rp 70 miliar. Tapi total nanti hingga 2023 mungkin jadi Rp 200 sampai Rp 250 miliar.

Baca juga: Pembenahan Kawasan Pasar Sekumpul Martapura, Kiri Kanan Jalan Diperlebar

Baca juga: Ribuan Warga Kehilangan Pekerjaan, Dinas PMD Kalsel Sebut Terbanyak di Kabupaten Banjar

Pihanya mengaku optimis penyelesaian revitalisasi Sekumpul sesuai target dan msyarakat termasuk PKL mengiklaskan jika lahan dipakai.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved