Breaking News:

Serambi Ummah

SAATNYA Sholat Dhuha, Waktu Terbaik Dhuha 09.00, Begini Tata Cara, Niat, Doa Khusus & Keutamaannya

Sholat dhuha terbaik dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB, namun untuk tempat lain yang memiliki waktu berbeda atau selain WIB.

Tribun Bangka
Ilustrasi Sholat Dhuha - Inilah waktu terbaik untuk Sholat Dhuha. 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID - Pukul 09.00 merupakan waktunya kita melaksanakan Sholat Dhuha bagi yang sibuk bekerja di luar dan di dalam ruangan.

Sholat dhuha terbaik dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB, namun untuk tempat lain yang memiliki waktu berbeda atau selain WIB.

Menurut Ustadz Abdul Somad melaksanakan sholat dhuha dimulai 12 menit setelah matahari terbit hingga 10 menit sebelum dhuhur.

Waktu terbaik mengerjakan sholat sunnah ini adalah diwaktu seperempat siang (diakhir waktu), hal ini ditandai dengan keadaan cuaca yang semakin panas. Sesuai hadits yang diriwayatkan Zaid bin Arqam, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda:

“Tidakkah mereka mengetahui bahwa sholat diselain waktu ini lebih utama. Seseungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘shalat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan.” (HR. Muslim)

Baca juga: NIAT dan Tata Cara Sholat Dhuha, Lengkap dengan Doa Khusus dan Keutamaannya

Baca juga: SHOLAT Tahajud di Sepertiga Malam, Mempercepat Mendapatkan Jodoh, Ada Doa untuk Lelaki dan Perempuan

Baca juga: NIAT, Doa Amalan Serta Cara Sholat Tolak Bala, Hari Ini Rabu Terakhir Bulan Safar atau Rebo Wekasan

Tata cara sholat Dhuha tidak jauh berbeda dengan sholat sunah lainnya.

Sholat Dhuha sendiri merupakan sholat sunnah yang dapat dikerjakan minimal 2 rakaat.

Waktu pelaksanaannya mulai matahari sedang naik setinggi kurang lebih 7 hasta atau sekitar pukul 7 pagi hingga sebelum sholat Zuhur.

Berikut Tribunnews sajikan informasi terkait tata cara sholat Dhuha, mulai dari niat, doa dan beserta artinya yang dirakum dari Buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap karya Drs. Moh. Rifa’i dapat di unduh di sini.

Bacaan Niat

Halaman
1234
Editor: Didik Triomarsidi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved