Breaking News:

PT Adaro Indonesia

Dibina Adaro, Desa Jaro Kabupaten Tabalong Raih Penghargaan Utama Proklim Nasional

Desa Jaro merupakan salah satu desa binaan CSR PT Adaro Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan trophy desa proklim utama

PT Adaro Indonesia
Kepala desa Jaro Tugimin saat hadiri penyerahan penghargaan secara virtual. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Desa Jaro merupakan salah satu desa binaan CSR PT Adaro Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan trophy desa proklim “utama” tingkat nasional tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Acara penyerahan penghargaan dilaksanakan, Jum’at, (23/10/2020) secara virtual yang diikuti jajaran Pemkab Tabalong dari aula Nan Sarunai Setda Kabupaten Tabalong.

Keberhasilan ini berkat kerjasama dan kolaborasi yang baik antara CSR PT Adaro Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong dan masyarakat Desa Jaro.

Terkait rogram ini ada beberapa kegiatan unggulan yang dilakukan Desa Jaro dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Di antaranya, pengelolaan agrowisata alam sawah dan pemukiman petani yang bersih, hijau dan tertata indah, kemandirian masyarakat dari usaha penangkaran bibit padi unggul dan hasil pangan padi dan peternakan sapi komunal

Selain itu juga ada dilakukan pengolahan limbah kotoran sapi, baik yang padat maupun cair menjadi pupuk kandang dan bio urine serta dimanfaatkan untuk biogas

Seperti diketahui, Trophy Proklim ini ada 4 tingkatan, Pratama, Madya, Utama dan Lestari. Tingkatan Lestari adalah yang tertinggi.

Untuk mendapatkan Trophy Proklim Lestari, minimal kelompok tersebut telah mengembangkan kegiatan proklim ke 10 lokasi desa atau dusun lainnya.

Sehingga tantangan selanjutnya untuk Desa Jaro adalah meraih Trophy Proklim Lestari yang merupakan tingkatan tertinggi.

Halaman
123
Penulis: Dony Usman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved