Berita Tanahlaut

Para Camat di Kabupaten Tanahlaut Diperintahkan Motivasi Warga Disiplin Protokol Kesehatan

Jajaran camat di Kabupaten Tanahlaut diperintahkan menggalakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 di kalangan masyarakat wilayah masing-masing.

Penulis: Idda Royani | Editor: Syaiful Akhyar
Humpro Tala
Bupati Tala H Sukamta menyampikan arahan saat memimpin rapat dengan jajaran camat, Rabu kemarin. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Masih terus terjadinya penularan Covid-19 di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), meski kurvanya melandai, menjadi perhatian serius pemerintah daerah setempat.

Pemberlakuan disiplin protokol kesehatan (prokes) makin digencarkan. Fokusnya tak hanya di wilayah kota, tapi juga hingga di perdesaan.

Karena itu jajaran camat di Kabupaten Tanahlaut diperintahkan menggalakkan prokes covid-19 di kalangan masyarakat di wilayah masing-masing.

Langkah tersebut dinilai sangat penting ditempuh guna mencegah penularan covid-19. Sekaligus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Sebagian Buah Kelapa Sawit Rakyat di Kabupaten Tanahlaut Ditolak Pabrik, Ini Penyebabnya

Baca juga: Pengusulan Banpres di Kabupaten Tanahlaut Diperpanjang, Ini Persyaratan dan Alur Prosesnya

Baca juga: Tak Pakai Masker, Warga Pahandut Seberang Palangkaraya Dikenakan Sanksi Sosial

"Namanya juga aparat pemerintahan, ya memang sudah seharusnya memberi contoh kepada masyarakat. Pegawainya dulu harus taat pakai masker, jaga jarak, cuci tangan," sebut Kurnainsyah, warga Pelaihari, Minggu (25/10/2020).

Menurutnya razia masker yang sejak sekitar dua bulan silam gencar dilakukan tim gabungan Satpol PP dan Polri/TNI cukup bagus. Selain itu pemerintah daerah juga diharapkan menggencarkan pula penggelontoran program pengentasan kemiskinan.

Bupati Tala H Sukamta kedua hal tersebut sama-sama dilakukan berbarengan oleh pemerintahannya. Program pemulihan ekonomi hingga sekarang terus disalurkan.

Guna mempercepat peananganan covid-19, ia mengharapkan prokes di wilayah kecamatan harus ditingkatkan. Camat mesti bersinergi dengan forum koordinasi pimpinan kecamatan dan satuan gugus tugas desa setempat.

"Komunitas anak muda pun diharapkan dapat selalu menyosialisasikan kepada masyarakat agar menaati Peraturan Bupati nomor 99 tahun 2020 tentang protokol kesehatan Covid-19 dan pengenaan sanksi terhadap pelanggar prokes," sebutnya.

Lebih lanjut Sukamta menuturkan saat ini ada dana tambahan baru yang dapat digunakan untuk bantuan sosial, pemulihan ekonomi, dan penanganan covid-19.

Pemulihan ekonomi dapat dilakukan melalui kegiatan padat karya di desa secara gotong-royong dan memberikan tambahan pendapatan untuk masyarakat.

Sukamta meminta para camat dapat segera menyusun kegiatan padat karya yang ada di desa dan cepat dilaksanakan.

"Misalnya pembersihan saluran itu kan bisa menggerakkan masyarakat dan dapat honor,” ujar Kamta.

Oramg nomor satu di Bumi Tuntung Pandang ini juga telah menegaskan hal itu saat memimpin rakor dengan kalangan camat di taman wisata di Baribati, Rabu kemarin.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved