Breaking News:

Berita Banjar

Begini Praktik Perawatan Kehamilan Stikes Intan Martapura Saat Pandemi Covid-19

Stikes Intan Martapura resmi memulai kegiatan Praktik Klinik Keperawatan (PKK) Maternitas

Stikes Intan Martapura
Mahasiswa sedang mengecek kandungan ibu hamil 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Stikes Intan Martapura resmi memulai kegiatan Praktik Klinik Keperawatan (PKK) Maternitas pada hari Senin (28/09/2020).

PKK Maternitas merupakan kegiatan belajar aktif yang memungkinkan mahasiswa semester empat mengasah kemampuan kognitif, komunikatif, dan motorik dalam bidang keperawatan, keselamatan dan kesehatan ibu dan anak dalam keperawatan.

Kegiatan PKK Maternitas dilakukan oleh seluruh mahasiswa semester empat angkatan 2018.

Kegiatan PPL tahun ini terang Ketua Stikes Intan Martapura, Hj Zubaidah memiliki konsep yang sedikit berbeda dengan tahun lalu.

Tahun ini PKK maternitas dilakukan secara bergantian di rumah bidan yang ada di tempat masing-masing mahasiswa tinggal karena mengingat masih pandemi yang tidak memungkinkan mahasiswa berpraktik di rumah sakit.

Baca juga: Terdakwa Kasus Narkoba 32 Kg di Banjarmasin Divonis Seumur Hidup, Penasihat Hukum Masih Pikir-pikir

Baca juga: Dinas Sosial Kalsel Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional kepada 4 Daerah

Baca juga: Usai Orasi di Depan Bupati Tala, Demonstran Bergerak ke PCM Pajang Spanduk Ini

"Mengingat keadaan Indonesia yang masih belum kondusif karena pandemi yang belum berakhir. Sehingga mahasiswa mengerjakan PKK dari kediaman masing-masing," terangnya kepada banjarmasinpost.co.id.

Kegiatan pembelajaran PKK secara daring dimulai dengan mengerjakan laporan pendahuluan dari kasus yang telah diberikan oleh dosen pembimbing.

Setelah itu akan dilakukan pre conferences bersama dosen dimana mahasiswa menjelaskan laporan pendahuluan yang telah mereka buat.

PKK dilaksanakan tiga minggu terhitung sejak tanggal 28 September sampai dengan 17 Oktober 2020. Setelah selesai akan diadakan Post Conferences dimana dosen pembimbing akan mengevaluasi kinerja individu tiap mahasiswa.

“Goals yang ingin dicapai dalam PKK Maternitas ini, mahasiswa mampu mencapai kompetensi untuk Keterampilan Klinik di Keperawatan Maternitas yang mencakup area antenatal care, intranatal care, postnatal care, bayi baru lahir dan kesehatan reproduksi, ujar Zubaidah.

(banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved