Breaking News:

Berita Banjarmasin

VIDEO : Ditreskrimum Polda Kalsel Periksa Korwil BEM SEKA

Terkait dugaan pelanggaran Pasal 218 KUHP terhadap aksi demonstrasi BEM SEKA pada Kamis (15/10/2020) lalu, Muhammad Pazri selaku Kuasa Hukum menilai.

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: M.Risman Noor

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terkait dugaan pelanggaran Pasal 218 KUHP terhadap aksi demonstrasi BEM SEKA pada Kamis (15/10/2020) lalu, Muhammad Pazri selaku Kuasa Hukum menilai sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh Penyidik Ditreskrimum Polda Kalsel masih bersifat kabur.

Dalam artian substansi yang dituduhkan kepada Korwil BEM SEKA, Ahdiat Zairullah selaku penanggung jawab aksi dirasa masih belum jelas.

Selain itu juga peringatan untuk membubarkan Massa aksi demonstrasi tersebut, juga dinilai belum diterima langsung oleh Mahasiswa.

Sehingga tuduhan dugaan pelanggaran Pasal 218 KUHP dinilai belum terpenuhi.

"Bentuk dari peringatan tidak diterima secara langsung oleh Mahasiswa, peringatan itu substansinya berupa lisan maupun tertulis, dan saat di lapangam itu Saya rasa hanya bujukan, bukan teguran," katanya. Senin (26/10/2020).

Kendati demikian Pazri menyadari bahwa Aksi Mahasiswa, sudah melewati batas waktu sesuai ketentuan menurut undang-undang.

"Mereka melewati batas saat aksi itu dikarenakan hal-hal tertentu, dan aksi tersebut tidak hanya dilakukan di kalsel tetapi juga merupakan bentuk aspirasi nasional," ucapnya.

Untuk itu Aparat diharapkan dapat lebih bijak dan selektif untuk menangani perkara tersebut, agar tidak menjadi preseden buruk bagi pergerakan Mahasiswa kedepannya.

Baca juga: VIDEO Peringatan Hari Santri, Anggota DPR RI Syaifullah Tamliha Sampaikan Omnibus Law

Baca juga: Tuntut Presiden Terbitkan Perppu, Buruh Kalsel Pesimis Menangi Gugatan Judicial Review Omnibus Law


"Saya harap Kapolda Kalsel bisa lebih bijak dan menimbulkan diskresi yang benar-benar adil bagi Mahasiswa," harap Pazri. (banjarmasinpost.co.id /Muhammad Rahmadi)

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved