Breaking News:

Berita Banjarmasin

Lomba Kebersihan Antar Kelurahan di Banjarmasin, Sungai Andai Menyalip Sungai Lulut

Kelurahan Sungai Andai menyalip Sungai Lulut dalam penilaian tahap II Lomba kebersihan antara Kelurahan yang digelar Dinas LH Banjarmasin

banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Kabid Kebersihan DLH Banjarmasin, Marzuki saat menyerahkan hadiah untuk perwakilan kelurahan Sungai Andai. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak beberapa bulan lalu, Pemko Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar lomba kebersihan antar kelurahan.

Lomba diikuti oleh total 25 kelurahan, yang mana lima kelurahan ini masing-masing mewakili dari lima kecamatan yang ada di Banjarmasin.

Dan lomba ini sendiri digeber dalam tiga tahap, dan pada tahap pertama yang dilaksanakan pada September lalu ada 10 kelurahan yang menjadi pemenanganya. Dan Kelurahan Sungai Lulut menjadi yang terbaik pertama di tahap pertama.

Selanjutnya 10 pemenang di tahap pertama ini disusutkan lagi menjadi enam kelurahan untuk penilaian di tahap kedua yang dilaksanakan pada Oktober, dan ternyata yang menjadi juaranya Kelurahan Sungai Andai.

Baca juga: Lomba Kebersihan di SMPN 1 Lampihong, Ini Tujuannya

Baca juga: Mantap, 3 Periode Gang Ini Selalu Menang Lomba Kebersihan, Ini Kelebihan yang Dimilikinya

Pada penilaian tahap pertama, Kelurahan Sungai Andai menyabet Juara II. Hal ini berarti Kelurahan Sungai Andai berhasil menyalip posisi Juara 1 yang semula ditempati oleh Kelurahan Sungai Lulut.

"Hari ini kita mengumumkan juara untuk penilaian tahap kedua. Dan memang fluktuatif, di tahap kedua yang jadi juara adalah Kelurahan Sungai Andai," ujar Kabid Kebersihan DLH Banjarmasin, Marzuki kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (2/10/2020) siang.

Kelurahan yang menjadi pemenang di tiap tahapan, mendapatkan bantuan berupa peralatan kebersihan mulai dari gerobak sampah, tempat sampah hingga uang pembinaan.

Usai menggelar tahap pertama dan kedua, pada November ini dilanjutkan dengan penilaian tahap ketiga atau yang terakhir.

"Enam kelurahan yang juara di tahapan kedua akan kita nilai lagi untuk tahapan ketiga," jelasnya.

Baca juga: Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Gelar Lomba Kebersihan, Satu Kelurahan Libatkan 2 RT

Disinggung mengenai kriteria penilaian, Marzuki pun menerangkan ada banyak hal, termasuk sistem pengelolaan sampah di masing kelurahan.

"Memang penekanan kita adalah sistem pengelolaan sampah. Termasuk data sampah, petugas pengumpul sampah dan sebagainya," pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id/frans rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved