Breaking News:

Tajuk

Umrah Super Ketat

PEMERINTAH Arab Saudi telah memberikan izin untuk penerbitan visa bagi jemaah umrah dari Indonesia.

BANJARMASINPOST.CO.ID - PEMERINTAH Arab Saudi telah memberikan izin untuk penerbitan visa bagi jemaah umrah dari Indonesia. Dengan begitu perjalanan umrah telah dibuka kembali mulai 1 November 2020.

Penerbangan umrah dibuka lagi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) untuk pertama kalinya sejak ditutup Februari yang lalu. Hampir 10 bulan Indonesia tak mengirimkan jemaahnya ke Tanah Suci.

Adapun, keberangkatan perdana jemaah umrahdari Indonesia sudah dimulai per pukul 10.45 WIB di Bandara Soetta.

Meski suatu kabar menggembirakan, Arab Saudi tidak main-main dalam mengeluarkan izin perjalanan ibadah ini. Protokol kesehatan ketat tetap menjadi syarat utama pelaksaan ibadah umrah di masa pandemi ini.

Bahkan, berdasarkan informasi dari Atase Perhubungan Indonesia di Jeddah, untuk sementara yang diizinkan membawa jemaah umrah adalah maskapai asal Arab Saudi yaitu Saudi Airlines.

Hal ini berlaku untuk semua negara asal jemaah yang disinggahi maskapai tersebut seperti di Timur Tengah, Eropa, Amerika Serikat, Asia, dan Afrika. Artinya, Saudi Airlines menjadi pemegang utama penerbangan setiap jemaah yang akan keluar masuk Tanah Suci. Langkah ini sebagai uji coba Pemerintah Arab Saudi untuk mempermudah kontrol pemberlakuan protokol kesehatan. Uji coba dilakukan selama November-Desember.

Data PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat jemaah umrah asal Indonesia yang ikut di dalam penerbangan dengan pesawat berbadan lebar Boeing 777-300 berjumlah 253 orang. Dalam penerapan protokol kesehatan itu satu di antaranya pemeriksaan hasil PCR Test yang berlaku tidak lebih dari 72 jam sebelum waktu pemberangkatan.

Super ketat memang. Tapi, begitulah yang harus diterapkan bagi setiap insan yang ingin melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci.

Apalagi Arab Saudi memberikan seluas-luasnya kepada Ummat Islam untuk mengobati kerinduannya menjalankan ibadah umrah yang sudah hampir 10 tak dibuka secara bebas.

Super ketat tapi itu semua demi kemashlahatan umat Islam, dan umat manusia umumnya. Semoga pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir dan hilang dari muka bumi yang kita cintai ini. (*)

Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved