Breaking News:

Penanganan Covid 19

Berkunjung ke Mal, Tim Pakar ULM Sebut 5 Benda Ini Berpotensi Jadi Transmisi Covid-19

Tim pakar Covid-19 ULM menyampaikan lima benda di mal atau pusat perbelanjaan yang berpotensi terjadinya transmisi Covid-19

ULM untuk banjamasinpost.co.id
Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang juga Guru Besar Fakultas Kedokteran ULM, Prof Dr dr Syamsul Arifin 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meski pandemi Covid-19 belum dapat dikatakan terkendali, namun dengan pertimbangan agar roda perekonomian tak sepenuhnya terhenti, aktivitas di berbagai pusat aktivitas ekonomi kembali dilanjutkan.

Seperti di pusat-pusat perbelanjaan dan mal di berbagai daerah termasuk di Kalsel yang sudah beroperasi dan mulai kembali banyak dikunjungi masyarakat.

Apalagi pusat perbelanjaan dan mal dengan berbagai fasilitasnya dan lokasinya yang relatif tak terlampau jauh menjadikan lokasi ini sebagai destinasi yang banyak dipilih masyarakat di suatu kota.

Terkait hal ini, Anggota Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang juga Guru Besar Ilmu Kesehatan ULM, Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin mengingatkan masyarakat agar tak lalai menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Update Covid-19 Batola, Penambahan Kasus Konfirmasi Positif Bertambah 9 Orang

Baca juga: Kota Banjarbaru Tanpa Kasus Baru, Total Positif Covid-19 Capai 1150 Kasus

Baca juga: Ritual Melaney Ricardo yang Bekerja Pasca Kena Covid-19, Konsultasi Dokter Sebelum Terima Job

Bukan hanya protokol kesehatan yang disiapkan oleh pengelola pusat perbelanjaan atau mal, namun penerapan protokol yang lebih rinci juga harus diterapkan dengan prinsip menghindari bersentuhan dengan benda-benda yang potensial menyebabkan transmisi Covid-19.

Dimana Ia menyebutkan setidaknya ada 5 benda atau tempat yang memiliki potensi terjadinya transmisi Covid-19.

1. Pegangan eskalator

 Dalam pengujian ahli ditemukan sisa makanan, bakteri e coli, virus flu, sisa urine, lendir, kotoran bahkan darah di pegangan tangan eskalator.

Artinya, di masa pandemi ini, bukan tidak mungkin Covid-19 juga bisa berada di pegangan eskalator.

Halaman
123
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved