Breaking News:

Gerbang Megah di Kota Martapura

Gerbang Bumi Selamat, Arc de Triomphe ala Martapura

Bentuk bangunan Gerbang Bumi Selamat di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, sangat mirip dengan Arc de Triomphe di Paris, Prancis.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI
Gerbang Bumi Selamat di kawasan Jalan A Yani Km 40, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Menyandang gelar sebagai Serambi Mekkah Kalimantan Selatan, Kota Martapura Kabupaten Banjar tak hanya mengadopsi arsitektur kearab-araban, namun juga arsitektur Eropa.

Adalah Gerbang Bumi Selamat yang mengadopsi Arc de Triomphe di Paris. Bentuk bangunan gerbang bahkan sangat mirip dengan gerbang negara Prancis tersebut.

Namun berbeda, jika Arc de Triomphe berada bundaran, Gerbang Bumi Selamat berada di pertigaan antara Jalan Kenanga dengan Jalan A Yani. 

Baca juga: Gerbang Termewah di Pusat Kota Martapura, Salah Satu Ikon Kabupaten Banjar

Selain itu, Gerbang Bumi Selamat dicat warna putih dan motif kuning emas. Pada bagian atas gerbang juga diberi hiasan yang sangat mirip. Namun pada Gerbang Bumi Selamat juga berhiaskan bunga-bunga.

Biasanya pada saat sore, banyak warga Kota Martapura dan dari daerah sekitar yang bersantai di sekitar Gerbang Bumi Selamat.

Arc de Triomphe di Paris.
Arc de Triomphe di Paris. (BRITANNICA.COM)

Badan gerbang yang kokoh dan berdekatan dengan pepohonan di alun-alun, membuat warga sering bernaung dari panas matahari.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved