Berita Tanahlaut

Permudah Pelajar Riamadungan Menjangkau Sekolah, Perusahaan Swasta Bantu Minibus

Compang-campingnya badan jalan utama di Desa Riamadungan, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), tak cuma merepotk

Penulis: Idda Royani | Editor: M.Risman Noor
HUMPRO TALA
Bupati Tala H Sukamta (kedua kanan) menyaksikan penyerahan bantuan minibus secara simbolis dari pihak perusahan swasta kepada pihak Desa Riamadungan, beberapa hari lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Compang-campingnya badan jalan utama di Desa Riamadungan, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), tak cuma merepotkan warga setempat bepergian ke ke luar kampung untuk berbelanja maupun menjual hasil bumi.

Lebih dari itu, keterbatasan infrastruktur tersebut juga memunculkan dampak yang kompleks. Di antaranya menyulitkan kalangan pelajar setempat menjangkau sekolah.

Terutama bagi pelajar Riamadungan yang telah duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Pasalnya selolah (SMP) terdekat berada di desa tetangga yakni Desa Salaman.

Gedung SMP setempat berada di sekitar kilometer 17. Sedangkan permukiman Riamdungan berada di kilometer 27. Lumayan jauh jarak yang mesti ditempuh pelajar setempat, apalagi kondisi badan jalan yang berlubang-lubang.

"Kasian pelajar SMP di Riamadungan, mana sudah jauh banget letak sekolahnya di kampung tetangga, sementara keadaan jalannya hancur. Musim penghujan seperti sekarang ini, waduh licin dan lengket," ucap Syamsul, warga Pelaihari yang kerap bepergian ke Riamadungan, Senin (9/11/2020).

Kondisi sulit tersebut selain menjadi perhatian Pemkab Tala, juga memantik empati pihak swasta. Setidaknya ada satu perusahaan swasta yang kemudian membantu armada transportasi.

Penyerahan bantuan armada berupa minibus itu diserahkan kepada pihak Desa Riamadungan di halaman kantor desa setempat, beberapa hari lalu. Bupati Tala H Sukamta yang turut hadir mengucapkan apresiasinya.

Baca juga: Petugas Gabungan Amankan Aksi Damai Pekerja di Tanjung Tabalong, Konvoi ke Gedung DPRD Tabalong

Ia berharap minibus tersebut dapat menjadi angkutan sekolah untuk anak-anak di Desa Riamadungan dan Salaman. Diharapkan semangat belajar juga makin menguat.

Baca juga: Ujung Murung Tabalong Geger Api, Satu Rumah Ludes Terbakar

"Semoga perusahaan yang lain memiliki kepedulian yang sama dalam peningkatan kemaslahatan bagi masyarakat kita semua," pintanya.

Sementara itu, Oksidanto dari pihak perusahaan pemberi bantuan minibus, berharap minibus yang diserahkan bermanfaat untuk anak-anak Desa Riamadungan dan Salaman. 

"Dulu kami juga sudah memberikan bantuan ambulans dan pada tahun 2021 akan mengoordinasikan agar dapat membantu masyarakat Desa Riamadungan dan Salaman," tandasnya.(banjarmasinpost.co.id/roy)

  • Berita Terkait :#Berita Tanahlaut
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved