Breaking News:

BPost Cetak

Cerebral Palsy Tak Halangi Yahya Berprestasi, Bawa Medali Emas dari Malaysia ke Kalsel

Mengidap cerebral palsy (CP) atau kelumpuhan otak tak membuat Muhammad Yahya Hernanda patah semangat. Kini Ia jadi atlet sepak bola celebral palsy

banjarmasinpost.co.id/tabri
M Yahya Hernanda kapten Timnas CP. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID - Benar adanya bahwa sempurna itu hanya milik Allah SWT. Untuk itu, tidak ada satu orang pun bisa memilih terlahir seperti apa dan menjadi apa. Namun apapun itu, bersyukur adalah pilihan yang paling tepat.

Inilah yang dilakukan oleh Muhammad Yahya Hernanda. Mengidap cerebral palsy (CP) atau kelumpuhan otak hingga mengalami gangguan pada gerak dan koordinasi tubuh sejak lahir tak membuat patah semangat.

Semangat itulah yang membuatnya menjadi atlet sepak bola celebral palsy binaan National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Kalimantan Selatan.

Yahya memulai kariernya sebagai pemain sepakbola ceberal palsy sejak mengikuti Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) di Riau sebagai atlet futsal daksa 2012.

Baca juga: Atlet NPC Yahya dan Yusuf ke Pelatnas Sepakbola Celebral Palsy (CP), Langsung Uji Coba ke Iran

Baca juga: Kenali Penyebab Cerebral Palsy, Kerusakan Otak yang Sebabkan Kecacatan

Setelah itu, pemuda kelahiran Martapura 26 November 1996 terus mendedikasikan dirinya sebagai atlet yang berprestasi di cabang olahraga sepak bola, baik di Kalimantan Selatan hingga kancah Internasional.

Tercatat Yahya cs berhasil mengukir prestasi mengharumkan Indonesia dengan meraih medali emas di Turnamen Invitasi di Singapura, Juli 2016. Tak sampai disitu, Yahya CS pun kembali mengharumkan Indonesia yang mana kembali meraih medali emas di ASEAN Para Games di Field C National Sports Council, Bukit Jalil, Malaysia akhir 2017.

“Saya bangga bisa membela dan mengharumkan negara, termasuk tanah kelahiran saya Kalimantan Selatan,” Kata Yahya.

Seharusnya Yahya kembali membela Indonesia dalam ASEAN Para Games pada 18-24 Januari 2020 Namun, ajang beberapa kali tertunda karena Covid-19.

Saat ini Yahya Cs rutin mengikuti pelatihan dalam rangka persiapan Peparnas di Papua 2021.

Yahya mengaku sepak bola adalah hobinya sedari dulu. Bahkan untuk kegemarannya tersebut, Yahya terkadang bisa menghabiskan waktu dua sampai tiga kali seminggu untuk bermain sekaligus berlatih.

Baca juga: Perlu Latihan Setiap Hari, Penyandang Cerebral Palsy Masih Terkendala Tempat dan Jumlah Terapis

Selain mengukir prestasi di cabang sepak bola, Yahya juga pernah memiliki prestasi di atletik khusus CP.

Yahya yang mengalami cerebral palsy sejak lahir tidak putus asa dalam berkarier. Tak hanya di olahraga ternyata Yahya sangat memperhatikan dengan pendidikan.

Yahya yang tercatat sebagai Mahasiswa di UIN Antasari Jurusan Pendidikan Agama Islam ini akan segera wisuda Desember mendatang. (banjarmasinpost.co.id/siti bulkis)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved