Berita Tabalong

Penertiban PKL Depan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Tabalong Diwarnai Perlawanan

Meski ada perlawanan, belasan pedagang ditertibkan karena jualan di trotoar dan bahu jalan di kawasan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Tabalong, Kalsel.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Petugas bantu bongkar lapak pedagang di kawasan depan Mal Pelayanan Publik (MPP) Mabuun dan sekitarnya, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (10/11/2020).-6 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Penertiban dilakukan terhadap pedagang kaki lima ( PKL) yang berjualan di trotoar dan bahu jalan di kawasan depan Mal Pelayanan Publik (MPP) Mabuun dan sekitarnya, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (10/11/2020).

Penertiban dilakukan Disperindag Tabalong, bekerja sama dengan Satpol PP Tabalong, DLH Tabalong, Dishub Tabalong dan juga dibantu Polsek Murung Pudak dan TNI.

Ada belasan pedagang yang harus ditertibkan karena berjualan di trotoar dan juga bahu jalan. Mereka kedapatan berjualan, langsung diminta berpindah ke lokasi yang sudah disiapkan.

Petugas membantu pedagang untuk memindahkan dagangan dan perlengkapan yang masih diperlukan.

Baca juga: Hari Pahlawan 2020, Satlantas Polres Tabalong Beri Layanan SIM ke Makodim 1008/Tanjung

Baca juga: Hari Pahlawan 2020, Bupati Tabalong Serahkan Bantuan untuk Veteran

Sementara, bagi lapak dan gerobak yang saat itu berada di bahu jalan atau trotoar, namun tidak ada pemiliknya,  langsung dipindahkan petugas ke lokasi baru.

Tempat baru yang disiapkan bagi pedagang ini lokasinya masih tidak terlalu jauh dari lokasi penertiban dan sudah disediakan tenda yang baru.

Dalam penertiban ini, sempat diwarnai aksi perlawanan dari beberapa pedagang yang menolak untuk dipindahkan dari atas trotoar dan bahu jalan.

Meski begitu, setelah adu argumen dan diberi penjelasan, pedagang akhirnya mau juga mengikuti arahan untuk memindahkan lapak dan barang jualannya.

Baca juga: Disperindag Tabalong Singkirkan Lapak Pedagang dari Trotoar Pasar Mabuun Kalsel

Baca juga: Disperindag Tabalong Siapkan SP3, Tertibkan Fungsi Toko di Pasar

Kepala Disperindag Tabalong, Husin Ansari, menyampaikan, penertiban ini dilakukan pihaknya bekerjasama dengan Satpol PP Tabalong, DLH Tabalong, Dishub Tabalong, kepolisian dan TNI.

"Jadi penertiban ini dilakukan di trotoar jalan dari Tanjung Expo Center sampai Mal Pelayanan Publik," katanya.

Ini agar trotoar bisa bersih dari orang berjualan, sehibgga tidak mengganggu hak pejalan kaki dan juga nantinya akan ada dibuat taman untuk bersantai.

Petugas dorong gerobak pedagang saat penertiban kaki lima di depan Mal Pelayanan Publik, Mabuun, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (10/11/2020).
Petugas dorong gerobak pedagang saat penertiban kaki lima di depan Mal Pelayanan Publik, Mabuun, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (10/11/2020). (BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN)

Untuk pedagang yang ditertibkan, sudah disiapkan tempat yang lokasinya juga masih di seberang Mal Pelayanan Publik dan disiapkan tenda.

Husin juga mengakui dalam penertiban memang sempat diwarnai ada perlawanan dari pedagang yang masih tidak mau dipindahkan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved