Breaking News:

Tajuk

Momentum Berperilaku Lebih Sehat

peringatan HKN ke-56 ini berbeda dari tahun sebelumnya, lantaran dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang telah merenggut ribuan jiwa masyarakat

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - SELAIN diperingati sebagai Hari Ayah Nasional, pada 12 November kemarin, kita juga baru saja memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN). Namun peringatan HKN ke-56 ini berbeda dari tahun sebelumnya, lantaran dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang telah merenggut ribuan jiwa masyarakat termasuk para tenaga kesehatan.

Terungkap pada Maret 2020, hingga sekarang kasus Covid di Indonesia belum ada tanda-tanda surut. Meskipun telah banyak yang disembuhkan, tapi kasus orang terinfeksi tetap tinggi.

Lihat saja data Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan. Perkembangan kasus Covid-19 di Banua per 11 November 2020 ada orang sebanyak 12.316 orang yang positif Covid-19. Sebanyak sembuh 11.184, dirawat 634 dan meninggal 498 orang. Dari data itu positif terbanyak ada di Banjarmasin sebesar 3.565 orang. Dengan jumlah pasien yang sembuh 3.242 orang, dirawat 157 orang dan meninggal 166 orang.

Hal ini tentu mengundang keprihatinan kita semua. Tak hanya di Banua dan di Indonesia, tapi juga seluruh negara di dunia. Perekonomian negara koyak lantaran pandemi ini berdampak global. Sementara banyak perusahaan di tanah air gulung tikar, hingga membuat angka pengangguran terus bertambah.

Kondisi ini tentunya menambah tinggi risiko penyebaran penyakit yang bermula dari Kota Wuhan, China itu. Sebab dengan kondisi perekonomian yang kian sulit, masyarakat seolah harus memilih tetap menjaga kesehatannya atau tetap bekerja dengan risiko kemungkinan terpapar Covid.

Masyarakat kini memang mulai dibebaskan beraktivitas dengan mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan. Hal ini seiring pembiasaan new normal atau kenormalan baru yang diterapkan pemerintah. Namun imbauan saja tentulah tidak cukup. Perlu kesadaran dari masyarakat untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah terpapar Covid-19.

Tak sekadar memakai masker atau faceshield, tapi kebiasaan menjaga kebersihan dan kesehatan saat di rumah dan di tempat umum perlu terus ditingkatkan. Misal dari hal kecil seperti sering mencuci tangan. Selamat Hari Kesehatan Nasional! (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved