Berita Kalteng

Penanganan Pencegahan Karhutla di Kalimantan Tengah Tahun 2020 Dinilai Sukses

Plt Gubernur Kalteng menilai penanganan karhutla di wilayah Kalimantan Tengah cukup berhasil setelah evaluasi selama 2020 tidak terjadi kabut asap.

Penulis: Fathurahman | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Fathurahman
Plt Gubernur Kalteng, Habib Ismail bin Yahya 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kebakaran lahan dan Hutan di Kalimantan Tengah dalam tahun 2020 ini turun dari tahun sebelumnya.

Selama musim kemarau tahun 2020 tidak tampak adanya kabut asap, meksi ada kebakaran namun skala kecil, karena  pencegahan  kebakaran lahan dan hutan dilakukan sejak dini.

Pantauan hingga, Jumat (13/11/2020) tidak tampak adanya kebakaran lahan dan hutan apalagi kabut asap yang dalam musim kemarau pada tahun-tahun sebelumnya sempat menyelimuti sejumlah kabupaten dan kota di Bumi Tambun Bungai ini.

Ini dinilai, Plt. Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail, karena penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalteng pada Tahun 2020 dipandang sudah berhasil.

Baca juga: Kecewa Putusan Pelanggaran UU Pilkada, Tim Divisi Hukum H2D Hadiahi Bawaslu Kalsel Karangan Bunga 

Baca juga: Kabupaten Kapuas Ditetapkan sebagai Lokasi Studi Status Gizi Indonesia

Baca juga: Tepergok Angkut Barang Milik Arutmin, Tiga Warga Desa Seluang Kotabaru Diringkus Polisi

Habib Ismail juga mengikuti Rapat Evaluasi Penanggulangan Karhutla Tahun 2020 yang di gelar di Neptunus Ballroom Lantai III, Golden Tulip Galaxy Hotel, Banjarmasin, Prov. Kalimantan Selatan, Kamis, (12/11/2020) kemarin.

Dia menyampaikan, keberhasilan tersebut tidak lepas dari dukungan seluruh stakeholder terkait yang ada di Kalteng yang melakukan upaya pencegahan sejak jauh-jauh hari.

"Penanganan Karhutla di Kalimantan Tengah saya anggap berhasil, sesuai prosedur yang ada," ujarnya.

Dia memuji, kerja sama dari semua pihak yang menjadikan semuanya bisa berjalan baik sehingga penanganan kebakaran tidak membawa dampak signifikan karena dilakukan pencegahan sejak dini.

Alhamdulilah, Kalteng selama ini juga terbantu karena musim berpihak pada kita, sering hujan," ujar Habib Ismail.

Bukan hanya itu,  kesadaran masyarakat Kalteng terhadap Karhutla sudah bagus.

"Masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi bahaya yang ditimbulkan oleh Karhutla, juga peran TNI dan Polri yang bekerjasama dengan Pemerintah  membuat terobosan baru dalam penanganan pencegahan Karhutla sejak dini," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved