Breaking News:

Berita Banjarmasin

TPS Dekat Makam Pangeran Antasari Banjarmasin Resmi Ditutup Mulai Senin Ini

TPS yang berada di Jalan Masjid Jami Banjarmasin (Malkon Temon)dekat Makam Pangeran Antasari dipastikan akan segera ditutup.

banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
DLH Banjarmasin memasang pengumuman penutupan TPS di Malkon Temon dekat makam Pangeran Antasari. 

 Editor : Hari Widodo
 
 BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berada di Jalan Masjid Jami Banjarmasin (Malkon Temon) dipastikan akan segera ditutup.

Pasalnya Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin khususnya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) resmi akan menutup TPS yang letaknya sangat berdekatan dengan makam pahlawan nasional Pangeran Antasari ini terhitung sejak Senin (16/11/2020).

Sosialisasi pun sudah dilakukan oleh DLH Banjarmasin di TPS yang akan ditutup tersebut, dengan memasang beberapa spanduk pengumuman.

"Iya, dari kemarin sudah kamu umumkan dan tadi malam mulai kami pasang pengumumannya untuk sosialisasi. Jadi sejak Senin tidak boleh lagi membuang sampah di sana," ujar Marzuki selaku Kabid Kebersihan DLH Banjarmasin kepada wartawan.

Baca juga: Disiplinkan Masyarakat Membuang Sampah, Pemko Palangkaraya Atur Jadwal Pembuangan

Baca juga: Program Padat Karya, Warga Tapin Angkut Sampah Sungai

Baca juga: Pilkada Banjarmasin 2020, Petahana Beberkan Upaya Penanggulangan Sampah

Disinggung mengenai alasan ditutupnya TPS ini, Marzuki menerangkan bahwa dikarenakan berbagai macam faktor, salah satunya karena memang sudah overload.

"Memang overload seiring bertambahnya juga jumlah penduduk. Dan selain itu kita juga banyak mendengarkan masukan dari masyarakat, apalagi juga berdekatan dengan makam pahlawan kita. Nah itulah pertimbangannya," katanya Jumat (13/11/2020).

Marzuki menambahkan sebagai penggantinya, DLH Banjarmasin akan membuka TPS baru di Jalan Sultan Adam tepatnya di belakang Gedung Taekwondo.

"Sudah disiapkan lahan milik Pemko Banjarmasin yang ada di belakang Gedung Taekwondo," katanya.

TPS di Malkon Temon sendiri diterangkan oleh Marzuki untuk mengakomodir sampah warga di empat kelurahan yakni Surgi Mufti, AKT, Sei Jingah dan juga Sei Miai.

Baca juga: Perang Sampah Diapresiasi Bupati, Dorong Warga Manfaatkan Nilai Ekonomi

Dan di beberapa kelurahan ini sendiri juga sudah tersedia TPS penunjang, sehingga Marzuki pun juga mempersilahkan warga untuk membuang sampah di tempat-tempat tersedia tersebut.

"Di Sei Jingah, Sei Miai dan Surgi Mufti ada TPS sendiri, jadi silahkan saja memilih," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/frans rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved