Breaking News:

Berita Tabalong

Strategi Dinas Perikanan Tabalong Bantu Pembudidaya Patin saat Pandemi, Hasilkan Produk Ikan Asin

Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia, ternyata juga memberikan pukulan tersendiri bagi pembudidaya ikan patin di Kabupaten Tabalong.

dinas perikanan tabalong
warga saat proses mengolah ikan patin asin 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia, ternyata juga memberikan pukulan tersendiri bagi pembudidaya ikan patin di Kabupaten Tabalong.

Ribuan ikan patin siap panen sempat tak bisa dijual karena sepinya pembeli akibat sejumlah rumah makan, restoran dan tempat usaha lainnya tak beroperasional.

Melihat dari kondisi itulah, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tabalong, memutar otak agar ikan patin milik pembudidaya bisa tetap menghasilkan uang.

Akhirnya, ide untuk membuat produk olahan ikan patin asin pun muncul dan kini telah berjalan sudah sekitar satu bulan.

Baca juga: Keanehan Sikap Penghina Betrand Peto Saat Bertatap Muka Diungkap Ruben Onsu

Baca juga: Joe Biden Jadi Presiden AS, 5 Pemimpin Dunia dari Vladimir Putin hingga Kim Jong Un Tak Mengakui?

Baca juga: Jalan Desa Aniungan Dikeluhkan, Dinas PUPR Balangan Beri Tanggapan untuk Bisa Pengaspalan Jalan

Meski baru berjalan sekitar satu bulan, ikan patin asin ini sudah mulai dikenal, bahkan hingga ke luar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dengan cara ini ikan patin segar milik pembudidaya bisa terjual dan kemudian di sisi lain juga memberikan keuntungan bagi pengolah ikan patin asin juga merupakan pembudidaya ikan patin.

"Jadi ikannya kami beli dari pembudidaya ikan patin kolam dan kemudian dibagikan ke pembudidaya lainnya untuk dijadikan ikan asin," kata Kepala Dinas Perikanan Tabalong, HM Mugeni.

Saat itu harga ikan patin segar di pasaran sekitar Rp 14 ribu perkilogram dan mereka beli seharga Rp 18 ribu perkilogram, sehingga masih memberikan keuntungan.

Untuk awal pelaksanaan program pembuatan ikan patin asin ini ada delapan kelompok yang diikutkan pelatihan serta diberikan bahan dan perlengkapannya.

Halaman
123
Penulis: Dony Usman
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved