Breaking News:

Wisata Virtual Kalsel

Menikmati Keindahan Pegunungan Meratus dari Bukit Arta Kabupaten Banjar

Bukit Arta di Desa Aranio, Kabupaten Banjar, Kalsel, baru dikelola Pokdarwis dengan menawarkan pemandangan alam indah termasuk Pegunungan Meratus.

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Satu tempat wisata baru, relatif mudah dijangkau, menawarkan segala hal alami bagi pengunjung.

Itulah Bukit Arta di Desa Aranio, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Merupakan satu tujuan wisata yang paling diburu khususnya bagi para pencinta alam.

Pengelola wisata, Argaw Firdaus, mengatakan kepada Banjarmasinpost.co.id, objek wisata bukit Arta ini dikelola Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Aranio, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalsel. 

"Pokdarwis dibentuk pada 15 Agustus 2020 dan dikelola oleh anggota Pokdarwis. Kalau bantuan dari pemerintah, sampai saat ini belum ada," ungkapnya.

Baca juga: Gua Lowo di Kabupaten Kotabaru yang Fenomenal

Ditambahkan Argaw, dari dana desa memang ada dianggarkan. Tapi, berbenturan dengan BLT. Makanya, semua hampir dipangkas.

"Jadi selama ini sistem pengelolanya dari swadaya masyarakat setempat. Hasil dari pengunjung, kami persentasekan kepada pengurus Pokdarwis dan sisanya masuk di kas," lanjutnya.

Ia mengatakan kurang lebih setahun lamanya merintis membuka wisata Bukit Arta tersebut. Pihaknya mengakui bahwa masih banyak kekurangan yang dimiliki, baik dari fasilitas, sampai dengan akses menuju ke puncak.

"Sejak awal dibukanya bukit tersebut, kami para pengelola tidak ada mendapatkan bantuan dari pihak manapun kecuali anggota Pokdarwis sendiri yang berjumlah 44 orang," ujarnya.

Baca juga: Eksotisme Pemandian Batu Badinding di Balangan, Tambah Spot Foto dan Tempat Bersantai

Meskipun demikian, Argaw bersyukur bahwa hingga saat ini obyek wisata ini meningkat dari segi pengunjung. "Dari segi akses, Bukit Arta ini mudah dijangkau, baik berjalan kaki, maupun kendaraan bermotor," lanjutnya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved