PT PLN Persero UPK Asam Asam

From Zero To Hero, Pelatihan Sasirangan Solusi Kreatif untuk Desa di tengah Pandemi

Dalam pelatihan ini terdiri dari 25 peserta turut andil. Didalamnya merupakan warga desa simpang empat sungai baru yang terdiri dari beberapa anak

Penulis: M.Risman Noor | Editor: M.Risman Noor
PT PLN Persero UPK Asam Asam
Penyelenggara pelatihan pembuatan sasirangan dilaksanakan PT PLN Persero UPK Asam-asam, Tanahlaut, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST. CO.ID, PELAIHARI - “Ulun sangat terbantu ada pelatihan kaya ini. (Saya sangat terbantu dengan adanya pelatihan seperti ini). Hal tersebut dikemukakan oleh Zainab. Zainab adalah salah satu sasaran pelatihan sasirangan merupakan acara yang diusung oleh YBM PLN UPK Asam Asam bekerjasama dengan BUMDES Karya Putra Pribumi Desa Simpang Empat Sei Baru.

Mengingat acara ini mengambil poin bahwa YBM adalah penggagas utama maka target utama para anak yatim piatu dan dhuafa.

Acara yang mengambil tema Sasirangan Solusi Kreatif UMKM Rumahan Berpenghasilan Dari Bumdes Untuk Desa, dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 12 November sampai dengan 16 November 2020.

Dalam pelatihan ini terdiri dari 25 peserta turut andil. Didalamnya merupakan warga desa simpang empat sungai baru yang terdiri dari beberapa anak yatim dan warga yang terdampak secara ekonomi selama pandemi covid 19.

Acara ini sangat tepat sasaran karena ditujukan khusus untuk membangun jiwa wirausaha dan kreatifitas para warga agar dapat menghasilkan hal yang memiliki nilai jual sehingga dapat membangun perekonomian desa.

Acara secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan dari pihak penyelenggara mendatangkan pemateri yang handal dalam bidang pembuatan sasirangan.

Pada acara penutupan, pihak BUMBES dan YBM PLN UPK Asam Asam mengundang para pengusaha kecil dan rumahan untuk membuat bazaar agar kiranya para tamu undangan dan warga sekitar dapat melihat langsung hasil karya mereka.

Ada beberapa jenis produk yang dipasarkan baik berupa makanan, minuman, maupun kerajinan tangan tidak lupa pula dipamerkan hasil karya sasirangan dari 25 peserta pelatihan.

Hasil pelatihan pembuatan sasirangan dilaksanakan PT PLN Persero UPK Asam Asam
Hasil pelatihan pembuatan sasirangan dilaksanakan PT PLN Persero UPK Asam Asam (PT PLN Persero UPK Asam Asam)

Dalam sambutan penutupnya, Bapak Dony Ocniza selaku Manager PLN UPK Asam Asam mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada YBM PLN UPK Asam Asam atas partisipasinya utuk mendukung secara penuh acara BUMDES ini.

Selanjutnya beliau juga ingin agar kegiatan semacam ini tidak berhenti sampai disini. Beliau berharap sinergi antara PLN UPK Asam Asam dengan warga setempat dapat terus terjalin melalui program program lain yang bertujuan memajukan jiwa wirausaha dan meningatkan perekonomian desa. Semoga kedepannya nilai usaha yang digalakkan oleh BUMDES dapat memiliki nilai jual keluar dari desa bahkan bisa sampai ekspor.

Selain itu, Kadisperindag juga menyambut dengan baik program Kerjasama antara YBM PLN UPK Asam Asam dengan BUMDES KPP. Beliau optmis jika program berlanjut dan berjalan, maka persentase pengangguran akan berkurang dan kedepannya akan dapat menciptakan lapangan kerja.

Tidak hanya Disperindag namun juga Baznas Tanahlaut siap untuk memfasilitasi para peserta jika ingin membuka usaha dan memerlukan modal. Tentunya dengan memenuhi syarat-syarat yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved