Breaking News:

Penanganan Covid 19

Pemerintah Berencana Datangkan Vaksin Moderna yang Diklaim 94,5 Persen Efektif Lawan Covid

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah sangat terbuka dengan kandidat vaksin manapun

ISTIMEWA
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah sangat terbuka dengan kandidat vaksin manapun.

Pernyataan Wiku tersebut terkait dengan kemungkinan pemerintah bekerja sama dengan perusahaan farmasi Moderna asal Amerika Serikat.

"Jadi pada intinya pemerintah terbuka dengan kandidat vaksin manapun," kata Wiku dalam Konferensi Pers virtual di akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, (17/11/2020).

Yang pasti menurut Wiku pemerintah akan menyeleksi ketat vaksin yang akan diberikan kepada warga.

Penetapan kandidat vaksin harus melalui proses pengawalan dan penilaian oleh BPOM dan dikaji dengan dasar-dasar scientific.

"Vaksin yang nanti akan digunakan oleh Indonesia tentunya harusnya yang sudah lolos uji klinis tahap 1, 2 dan 3 dan memperoleh emergency use otorisasi dari Badan POM," katanya.

Vaksin Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia menurut Wiku harus sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

"Serta juga yang sesuai dengan sarana pendukung lainnya seperti cold chain," pungkasnya.

Sebelumnya vaksin Moderna diklaim ampuh melawan virus Corona atau SARS-CoV-2. Vaksin buatan Amerika Serikat itu efektif 94,5 persen melawan virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China itu.

Baca juga: Turun Kasus Covid 19, Desa Zona Merah di Kotabaru Kini Menjadi Hijau

Baca juga: Terkonfirmasi Covid-19 Bertambah Tiga, Kini di Banjarbaru Total Ada 1196 Kasus

Selain Moderna, Amerika Serikat juga memiliki vaksin Pfizer yang juga mengklaim lebih dari 90 persen efektif melawan virus Corona. Moderna dan Pfizer merupakan dua perusahaan farmasi yang telah mengumumkan hasil uji klinik fase III nya.

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona.

Banjarmasinpost.co.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pemerintah Buka Opsi Datangkan Vaksin Moderna yang Diklaim 94,5 Persen Efektif Lawan Covid, https://www.tribunnews.com/nasional/2020/11/18/pemerintah-buka-opsi-datangkan-vaksin-moderna-yang-diklaim-945-persen-efektif-lawan-covid.

Editor: M.Risman Noor
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved