Berita Banjarmasin

Syarat Dapat BLT Guru Honorer Harus Terdata di Dapodik, Langsung Verifikasi Lewat Situs Resmi

Pemerintah melalui kementerian pendidikan & kebudayaan membagi bantuan langsung tunai (BLT) ke guru honorer info.gtk.kemdikbud.go.id

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Royan Naimi
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Suasana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di SMPN 24 Banjarmasin beberapa waktu yang lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan membagikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk guru dan tenaga kependidikan honorer.

Kabar gembira itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yakni Nadiem Makarim,

Selain guru honorer, dosen tenaga kependidikan non ASN di perguruan tinggi negeri maupun swasta juga akan mendapatkan bantuan subsidi upah.

Adapun tenaga dan guru honorer yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan ini berjumlah sebanyak 2.034.732 orang.

Terkait adanya wacana ini, khususnya untuk guru honorer di Banjarmasin, Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin, Hendro menerangkan, mereka yang akan mendapatkan bantuan tersebut adalah mereka yang terdaftar di Data Perseorangan Guru dan Pendidik (Dapodik).

Baca juga: JADWAL Pencairan BLT Guru Honorer se Indonesia, Ingat Bukan PNS, Cek info.gtk.kemdikbud.go.id

Baca juga: BLT UMKM Rp 2,4 Juta Bakal Diperpanjang hingga 2021, Begini Syarat dan Cara Mendapatkannya

"Jadi syaratnya itu harus sudah terdaftar di Dapodik, dan data yang diambil per 30 Juni 2020. Selain itu yang gajinya di bawah lima juta serta belum mendapat bantuan lainnya," kata Hendro kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (18/11/2020).

Mengenai teknis verifikasi dan pendataan guru yang akan menerima bantuan tersebut, Hendro menerangkan langsung dari pusat dan secara online melalui website resminya.

"Jadi bukan Disdik Kabupaten/Kota maupun Provinsi. Kota hanya menyampaikan informasi saja, agar lebih sering membuka websitenya," jelasnya.

Disinggung mengenai jumlah guru honorer dan tenaga kependidikan di Banjarmasin, Hendro menerangkan cukup banyak.

"Kalau di sekolah negeri itu jumlahnya sekitar 280 orang, tapi kalau untuk seluruhnya mungkin lebih dari empat ribuan," pungkasnya.

Website Belum Bisa Diakses

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan bahwa guru honorer di sekolah negeri maupun swasta akan mendapatkan bantuan upah subsidi.

Dan wacana bantuan sebesar Rp 1,8 juta ini pun tentunya direspon dengan sangat positif oleh para guru honorer yang ada di Banjarmasin.

"Alhamduillah, kita terima dengan antusias. Mudah-mudahan guru honorer di sekolah negeri maupun swasta bisa mendapatkannya," ujar Ali Wardana selaku Ketua Forum Guru Honorer Sekolah Negeri Banjarmasin, Ali Wardana kepada banjarmasinpost.co.id.

Ketua Forum Guru Honorer Sekolah Negeri Banjarmasin, Ali Wardana.
Ketua Forum Guru Honorer Sekolah Negeri Banjarmasin, Ali Wardana. (Istimewa)
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved