Breaking News:

WEEKLY ANIMALS

WEEKLY ANIMALS - Mengenal Merpati Kolong, Burung Cerdas yang Pintar Mengenali Pasangannnya

Merpati Kolong menjadi salah seekor burung spesial. Burung jenis ini persilangan burung merpati tinggian dan merpati biasa.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Merpati Kolong menjadi salah seekor burung spesial. Burung jenis ini persilangan burung merpati tinggian dan merpati biasa.

Dilatih sedemikian rupa oleh para penggemarnya dengan tujuan agar memiliki suatu kecerdasan yang tidak dimiliki oleh semua jenis burung.

Ciri merpati kolong asalnya dari Pulau Jawa itu diantaranya memiliki sayap yang rapat dan tidak runcing.

Diketahui, sayap pada merpati kolong terdiri dari dua bagian yaitu sayap primer dan sayap sekunder.

Baca juga: VIDEO WEEKLY ANIMAL - Sensasi Sedot Madu Kelulut Langsung dari Sarang di Tahura Mandi Angin

Menurut Suwarto, seorang penggemar merpati, Merpati Kolong disebut sebagai burung cerdas lantaran secara naluri, burung ini lebih pintar dibandingkan dengan burung-burung lainnya.

"Iya punya kecerdasan yang lebih. Kenapa? Ketika dilepas dengan jarak 1 kilometer pasti pulang ke lapak mencari pasangannya, " kata Suwarno, Pemilik Acara Kontes Merpati Kolong kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (15/11/2020).

Ya, burung merpati kolong dikatakan cerdas karena saat dia merasa kasmaran, di mana pun burung tersebut dilepas maka akan kembali ke tempat semula.

Namun di sisi lain bila Merpati Kolong tak sedang birahi maka burung tersebut tidak akan memberikan respon kepada burung betina pasangannya.

Baca juga: VIDEO WEEKLY ANIMAL- Serunya Kontes Reptil Banjarbaru di Q Mall Banjarbaru, Warga Antusias Selfie

Waktu untuk melatih Merpati Kolong yang tepat adalah sedang berada di fase birahi yang tinggi.

"Setelah bertelur, misalnya bertelur di hari Senin. Kemudian di hari Sabtu, telurnya kita cabut. Ngak boleh dibiarkan menetas. Dari hari Senin sampai Sabtu adalah masa-masa merpati sedang sangat birahi dan cocok untuk melatih mereka, " ujar Suwarno.

Halaman
12
Penulis: Kristin Juli Saputri
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved