Kriminalitas Kabupaten Banjar

VIDEO Pencuri Aki Lampu Tenaga Surya Dibekuk Warga Desa Tatah Layap Kabupaten Banjar

Pencuri dua aki lampu penerang jalan tenaga surya di Desa Tatah Layap ditangkap warga dan diserahkan ke Polsek Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalsel

Penulis: Jumadi | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Aksi pencurian aki Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya ( PJUTS) terjadi di Desa Tatah Layap RT 6, Jalan Tol Tatah Layap Gubernur Subardjo, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (19/11/2020).

Pelaku berhasil ditangkap warga. Supaya tidak menjadi sasaran amuk massa, warga bersama Ketua RT6 membawa tersangka AL alias UG (36) ke rumah Ketua RT setempat, Hermansyah.

Informasi terhimpun di lokasi, warga melihat pelaku berpakaian ala mekanik. Ditambah lagi, mengenakan helm proyek. 

Namun, warga mencurigainya ketika pelaku tidak menggunakan tangga, tapi memanjat tiang listrik, untuk melepas aki PJUTS. Dan caranya melepas aksi, terlihat seperti dipaksakan.

Warga segera mendatangi. Setelah diminta turun dan ditanyai, sikap dan jawabannya dinilai tidak sinkron oleh warga sehingga makin menambah kecurigaan.

Karena itulah, segera diamankan di rumah Ketua RT. Sampai akhirnya ketahuan, pelaku bukan petugas sungguhan.

Baca juga: Satreskrim Polres Banjar Sergap 2 Orang di Kertak Hanyar, Amankan 100 Gram Sabu

Baca juga: VIDEO Pelaku Pecah Kaca Mobil Dibekuk Polsek Kertakhanyar, Satu Didor

Baca juga: Pembunuhan di Sebuah Warung Gegerkan Warga Kertak Hanyar Kabupaten Banjar

Dikatakan Ketua RT Hermansyah, pelaku memarkir sepeda motor di seberang jalan dekat rumahnya. Lalu, pelaku mengatakan kepada warga yang bertanya bahnya diirnya adalah petugas perawatan PJUTS.

Menurut Ketua RT, ketika terpergok warga saat mengambil 2 buah aki, masih ragu apakah sebagai petugas sungguhan atau memang mencuri. Kemudian, pelaku pun diuji.

"Saya ambil tangga aluminium dengan panjang 4 meter dan memintanya agar dua buah aki tersebut dikembalikan dan dipasang ke tempatnya. Tetapi dia (tersangka) tidak bisa memasang. Nah, di situlah kami curiga bahwa lelaki itu memang pencuri. Bukan petugas," tandas Ketua RT.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved