Breaking News:

Tajuk

Subsidi Upah yang Ditunggu

Setelah sekian bulan menanti, sejak pandemi Covid-19 melanda, para honorer akhirnya menerima kabar akan adanya pengucuran Bantuan Sosial Subsidi Upah

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - KABAR menyejukan akhirnya tertuju kepada tenaga honorer di negeri ini. Setelah sekian bulan menanti, sejak pandemi Covid-19 melanda, para honorer akhirnya menerima kabar akan adanya pengucuran Bantuan Sosial Subsidi Upah (BSU) bagi mereka.

Ya, Mendikbud, Nadiem Makarim, menegaskan akan adanya bantuan bagi guru honorer dan dosen non-PNS yang telah berjuang di masa pandemi Covid-19.

Pemerintah, sudah menganggarkan senilai Rp 3,6 triliun untuk melaksanakan kebijakan tersebut. Sebanyak 2,03 juta orang akan memperoleh subsidi gaji yang besarannya Rp 1,8 juta.

Adapun rinciannya, yakni sebanyak 1.634.832 guru dan pendidik pada satuan pendidikan negeri dan swasta, sebanyak 162.277 dosen di PTN atau PTS, dan sebanyak 237.623 tenaga perpustakaan, tenaga laboraturium, dan tenaga administrasi.

Kebijakan bagi guru honorer ini boleh dibilang telat. Pandemi Covid-19 membuat mereka sangat terdampak. Sebelum Pandemi Covid-19 pun, para guru honor hidup pas-pasan. Penghasilan yang terbatas membuat hidup para guru honor jauh di bawah sejahtera.

Tidak sedikit, para guru honorer yang menerima upah atas jerih payahnya di bawah Rp 1 juta, bahkan ada yang hanya menerima upah Rp 300 ribu setiap bulan. Bayangkan, mereka hanya menerima upah mengajar Rp 10 ribu per hari.

Kebijakan pengucuran bantuan subsidi upah ini, pastinya akan sangat bermanfaat bagi para tenaga honorer. Kini, para guru honorer bergerak melengkapi persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkannya.

Dinas Pendidikan (Disdik) di kabupaten, kota dan provinsi diharapkan juga bisa bekerja cepat untuk memfasilitasi kebutuhan distribusi data guru honor penerima subsidi upah.

Dengan dasar data pokok kependidikan (Dapodik) yang dimiliki setiap sekolah, pastinya kebijakan pengucuran subsidi upah bisa lebih dipercepat sehingga dengan dana tersebut bisa menutupi kebutuhan para guru honor. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved