Breaking News:

Berita Kalteng

Siapkan Pabrik Gula di Kabupaten Kotim, Plt Gubernur Kalteng Kunjungi Balittas Malang

Pemprov Kalteng bangun pabrik gula di Kotim mendukung food estate, Plt Gubernur Kalteng pelajari pengolahan gula di Balittas Malang, Jatim.

Penulis: Fathurahman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/FATURAHMAN
Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Mendukung program Food Estate di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, ditindaklanjuti dengan penyiapan lahan untuk pabrik pengolahan gula yang akan dibangun di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail bin Yahya, melakukan kunjungan kerja ke Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) di Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Diketahui, Balittas Malang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian. Memiliki tugas pokok, melaksanakan penelitian tanaman pemanis, serat, tembakau dan minyak industri. 

Saat melakukan pertemuan dengan pihak Balittas, Plt Gubernur mengatakan, kedatangannya untuk belajar. Mengingat, ada rencana membangun pabrik gula di Kabupaten Kotim.

Baca juga: Siapkan Bank Darah, Pemprov Kalteng Minta PMI Bersinergi Tangani Covid-19

Baca juga: Dicecar Soal Jalan Rusak, Edy Pratowo Tunjukkan Data Jalan Kalteng Semakin Baik

Baca juga: Sugianto Sabran Jalani Isolasi Pasca Positif Terpapar Covid-19, KPU Kalteng Tetap Gelar Debat

Baca juga: Ketua KPU Kalteng Imbau Paslon dan Tim Maksimalkan Kampanye Lewat Media Daring

"Saat ini, sudah mulai berproses. Kami ke sini ingin belajar dan ingin tahu ke depannya, potensi atau prospek dari pabrik gula,” ujar Plt Gubernur, Minggu (22/11/2020).

Dia mengharapkan, kiat dari Balittas dalam mengembangkan tanaman tebu sebagai komoditas andalan yang berkesinambungan, perlu diperlajari mendalam.

“Kami berharap bisa mendapakan kiat-kiatnya, apa saja yang perlu dipersiapkan agar tanaman ini bisa benar-benar menjadi komoditas andalan," imbuh dia.

Pemprov Kalimantan Tengah diberikan kepercayaan Presiden Joko Widodo untuk  pengembangan Food Estate sebagai lumbung pangan nasional.

Nantinya, kawasan setempat akan mengintegrasikan sektor pertanian, perkebunan dan peternakan, dengan pemanfaatan teknologi modern. "Tentu, kami juga perlu belajar dari daerah lain yang lebh maju," tandasnya.

(Banjarmasinpost co.id/Faturahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved