Breaking News:

Berita HSU

VIDEO Pedagang ikan Asin di Alabio Pasarkan hingga Keluar Kabupaten HSU

Pedagang ikan asin di Alabio, Kabupaten HSU, Kalsel, ambil barang dagangan dari Kabupaten Kotabaru dan dipasarkan hingga Kalteng dan Kaltim.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Sentra Pasar ikan asin yang berada di Alabio, Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)), Kalimantan Selatan, sudah mulai ramai oleh pembeli.

Bukan hanya dari warga Kabupaten HSU, namun juga dari luar daerah yang juga berbelanja dan menjualnya kembali ke daerah lain.

Salah satu pedagang, Sari, mengatakan kepada Banjarmasinpost.co.id, dirinya sangat terbantu dengan adanya sentra pasar ikan asin inis ehingga lebih banyak pedagang eceran yang membeli dari berbagai daerah.

Dikatakan, dirinya menjual ikan asin laut yang sebagian besar didapat dari Kabupaten Kotabaru. “Dijual lagi ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Biasanya untuk langganan, sudah langsung dikirimkan. Ada juga yang berbelanja dengan datang langsung ke sini,” ujarnya.

Baca juga: Novelis Asal Amuntai Ini Berharap Karyanya Bisa Menginspirasi Masyarakat

Baca juga: VIDEO : Masjid Lancip, Masjid Cagar Budaya di Kecamatan Haur Gading Kabupaten HSU

Baca juga: Angin Puting Beliung Rusak Enam Rumah Warga di Desa Kamayahan Kecamatan Amuntai Utara HSU

Baca juga: VIDEO Penjual Keripik di Pasar Induk Amuntai Mulai Kedatangan Pembeli

Baca juga: Antisipasi Luapan Sungai Negara, Jalan Pasar Induk Amuntai HST ditinggikan

Mengenai tempat berdagang, disebutnya, merupakan bangunan lama. Karena itu, berharap ada perbaikan di los pasar sehingga memberikan rasa nyaman kepada para pembeli. “Usia bangunannya sudah puluhan tahun. Lebih baik, jika dilakukan renovasi,” ujarnya.

Terpisah, Ahmad, pengelola pasar, mengatakan, pihaknya terus melakukan pemberitahuan kepada warga Kabupaten HSU dan melalui jejaring sosial dengan adanya sentra ikan asin. 

Agar, lanjut dia, pasar ini bisa terus berkembang dan menjadi salah satu tujuan jika ingin membeli ikan asin dalam jumlah banyak dan harga terjangkau.

“Pasar ini bukanya setiap hari Minggu dan Rabu, dari pagi hingga siang. Berbagai macam jenis ikan asin dijual, baik ikan asin laut dan juga ikan asin sungai yang merupakan hasil olahan dari warga Kabupaten Hulu SungaI Utara,” ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved