Breaking News:

Opini Publik

Menjawab Kebutuhan Pendidikan Masa Depan, Tantangan Guru Adaptif di Era Disrupsi

Pesan bijak guru saya ketika saya masih duduk di bangku sekolah di masa itu adalah jadilah orang yang terus belajar

BPost Cetak
Vivi Aulia Dosen STIKIP PGRI Banjarmasin. 

Oleh: Vivi Aulia Dosen STKIP PGRI Banjarmasin

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pesan bijak guru saya ketika saya masih duduk di bangku sekolah di masa itu adalah jadilah orang yang terus belajar, mengambil pelajaran dari apa yang terjadi di lingkungan sekitar dan teruslah untuk menjadi pribadi yang tidak pernah berhenti melakukan dinamika belajar untuk kehidupan yang lebih baik.

Orang yang baik sesungguhnya memberi makna untuk orang lain dan lingkungan sekitar. Jika pesan yang sarat makna tersebut ditafsirkan, maka kita semua sebagai warga masyarakat dan manusia diminta untuk selalu mampu bersahabat dengan dunia nyata.

Siapa yang mampu membaca alam dan bisa merespons kebutuhan masa kini untuk masa depan, maka dia akan berhasil dalam menjalani kehidupannya. Ini berarti bahwa kita dituntut untuk dapat berbuat sesuai kebutuhan dan tuntutan tanpa mengorbankan nilai-nilai luhur sebagai manusia.

Jika pesan bijak ini dikontekstualisasikan dalam peran guru yang dimungkin semakin berat, maka guru perlu untuk selalu adaptif terhadap setiap perubahan yang terjadi.

Baca juga: 27 Contoh Ucapan Selamat Hari Guru 2020 Cocok untuk Instagram, WhatsApp, Facebook dan Twitter

Baca juga: Hari Guru 2020 - Ini Film Bertema Guru dengan Rating Tinggi Beserta Sinopsis, Ada Laskar Pelangi

Perubahan tersebut bukan semata karena adanya kebijakan baru dari negara, melainkan kemampuan beradaptasi yang berkenaan dengan perubahan zaman, perubahan lingkungan sekitar, perubahan pola pikir, dan perubahan yang terbaru adalah tentang kesiapan guru untuk bertransformasi sebagai pendidik progresif selama masa pandemi covid-19 dan pascapandemi, maka guru akan mampu memberikan warna bagi pendidikan semua anak didiknya.

Ini yang kemudian disebut era disrupsi dimana segala perubahan bergerak cepat mulai dari teknologi, suasana pembelajaran, dan lain seterusnya. Guru dalam konteks ini pun perlu menyapa setiap perubahan super cepat dengan kemampuan beradaptasi yang juga super cepat.

Guru Masa Depan

Guru masa depan adalah mereka yang selalu menjadi pembelajar, memandang tugas mengajar sebagai panggilan hati nurani untuk mendidik anak-anak bangsa.

Guru masa depan adalah mereka yang tanpa henti kreatif mencipta perubahan-perubahan metode mengajar sehingga media apapun yang digunakan, pesan belajar dan tujuan pembelajaran tetap tercapai dan disampaikan dengan baik.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved