Breaking News:

Berita HSS

Panen Ikan Patin Keramba Jala, Pokdakan Sumber Rezeki di HSS Berharap Bantuan Modal

Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sumber Rejeki Desa Tanah Bangkang, Kecamatan Kecamatan Sungai Raya Bupati Hulu Sungai Selatan melakukan panen ika

Penulis: Hanani | Editor: M.Risman Noor
DISKOMINFO HSS
Bupati HSS, Wabup dan Kadis Perikanan saat melakukan panen ikan patin di keramba jala milik Pokdakan Sumber Rezeki, di Desa Tanah Bangkang, Kecamatan Sungai Raya, Hulu Sungai Selatan, Kamis (26/11/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN -  Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sumber Rejeki Desa Tanah Bangkang, Kecamatan Kecamatan Sungai Raya Bupati Hulu Sungai Selatan melakukan panen ikan patin, dan melepas bibit ikan nila Kamis (26/11/2020).

Panen perdana dengan cara penangkapan ikan di keramba itu dilakukan Bupati HSS H Achmad Fikry dan Wakil Bupati Syamsuri Arsyad.

Menggunakan alat tangkap jala,  Bupati HSS bersama Wabup terlihat gembira dan antusias menangkap ikan yang beratnya mencapai 500 gram per ekor tersebut.

Turut hadir Kepala Dinas Perikanan H Saidinoor, Kepala Dinas PMD sekaligus Plt Camat Sungai Raya Susilo Adianto, Kepala Desa Tanah Bangkang serta warga setempat.

Mewakili Podakan Sumber Rejeki,  M Noor menjelaskan, keramba jala yang dimiliki oleh kelompoknya berjumlah 22 unit. Merupakan bantuan Dinas Perikanan HSS dan dari keramba jala itu ditebar benih patin yang dipelihara kurang lebih lima bulan sudah bisa dipanen.

Baca juga: Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel: Titipan Makanan di Rutan Kandangan Disetop

Baca juga: Support Pertanian Organik, Bantuan Pupuk Cair Organik Disalurkan Pemkab HSS dan Kodim 1003 Kandangan

Per satu kolam keramba jala, kata M Noor menghasilkan rata-rata 125 kilogram dengan ukuran ikan mencapai 500 gram per ekor.

M Noor menyebut, dengan potensi  desa, yaitu sumber air sungai yang tak pernah kering sebenarnya bisa mengembangkan lebih banyak keramba jala. Namun, pihaknya terkendala permodalan.

“Kami berharap ada tambahan bantuan modal dari Pemkab HSS untuk Pokdakan Sumber Rezeki,”kata M Noor.

Sementara, Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan, Pemkab HSS terus mendorong agar masyarakat punya ketahanan pangan. Baik  berupa ketersediaan beras, sayur-mayur dan ikan.

“Potensi alam di Tanah Bangkang ini sangat memungkinkan terwujudnya ketahanan pangan masyarakat. Di desa ini warga bisa bertani, berkebun, dan budidaya ikan. Syukurilah apa yang dianugerahkan Allah SWT atas kekayaan alam ini,”kata Fikry.

Ditambahkan, budi daya ikan tidak hanya bisa dilakukan di aliran sungai. Tapi dengan sistem budidaya dalam ember pun bisa dilakukan seluruh keluarga.

“Saya sudah pelihara lele dalam ember di atasnya ditaruh kangkung. Sudah panen kedua, hasilnya sama seperti lele yang dijual di seafood,” kata Fikry.

Menurutnya, ketahanan pangan keluarga bisa dipenuhi secara mandiri dengan cara sederhana itu, paling tidak untuk memenuhi kebutuhan ikan.

Terkait bantuan modal, Bupati menyarankan agar Pokdakan  mengajukan biaya permodalan kepada perbankan berupa KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan bunga sangat rendah.

“KUR ini banyak belum terserap dananya. KUR khusus untuk petani tidak banyak agunannya,” ungkap bupati. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved