Breaking News:

Sains

WOW! Ditemukan Monolit Logam Misterius di Gurun Utah, Mungkinkah dari Dunia Lain?

Lokasi monolit itu jauh di dalam lanskap gurun batu merah Utah yang wilayahnya tampak seperti planet Mars.

Editor: Didik Triomarsidi
AP
Foto 18 November 2020 ini yang disediakan oleh Departemen Keamanan Publik Utah menunjukkan monolit logam yang dipasang di tanah di daerah terpencil batu merah di Utah. 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID, UTAH - Sebuah " monolit" logam berkilau tampak tertanam di salah satu bagian paling terpencil di negara bagian itu, lapor Associated Press (AP).

Lokasi monolit itu jauh di dalam lanskap gurun batu merah Utah yang wilayahnya tampak seperti planet Mars.

Logam itu tinggi dan permukaannya halus, ditemukan selama survei helikopter yang memantau domba 'bertanduk besar' di bagian tenggara Utah menurut para pejabat, Senin (23/11/2020).

Seorang kru dari Departemen Keamanan Publik dan Divisi Sumber Daya Satwa Liar Utah melihat benda yang berkilau itu dari udara pada 18 November dan mendarat untuk memeriksanya saat istirahat dari pekerjaan mereka.

Baca juga: SIAP-Siap, 14 Lowongan Bagi Lulusan SMK Minggu Keempat November 2020, KLIK https://bkk.ditpsmk.net/

Baca juga: TERUNGKAP, Kenapa Mike Tyson Mau Naik Ring Lagi, karena Ulah Wanita Cantik Ini

Baca juga: Setoran Awal Dana Haji Boleh Bersumber dari Utang dan Pembiayaan, MUI Tegaskan Syarat Ini

Mereka menemukan benda baja tahan karat tiga sisi itu setinggi dua orang jika disatukan. Tetapi mereka tidak menemukan petunjuk tentang siapa yang mungkin menanam benda itu ke dalam tanah di antara bebatuan merah bergelombang atau mengapa benda itu ada di sana.

"Benda ini bukan [berasal] dari dunia lain," kata Letnan Nick Street dari Utah Highway Patrol, bagian dari Departemen Keamanan Publik.

Akan tetapi jelas perlu beberapa perencanaan dan pekerjaan untuk membangun logam berukuran 10 sampai 12 kaki (3 hingga 4 meter) itu dan menyematkannya di antara bebatuan monolit merah.

Lokasinya yang begitu terpencil tidak diungkapkan kepada publik secara rinci, hal itu sengaja dilakukan karena khawatir orang-orang mungkin akan tersesat atau terdampar saat mencoba menemukannya dan perlu diselamatkan.

Logam tersebut mengingatkan pada monolit yang muncul di film Stanley Kubrick "2001: A Space Odyssey".

Sebuah monolit secara teknis merupakan ciri geografis yang terbuat dari batu, sedangkan benda yang ditemukan ini tampaknya terbuat dari logam.

Menurut Kamus Merriam Webster, bagaimanapun, kata 'monolit' memungkinkan interpretasi yang lebih longgar dan bisa diartikan sebagai "struktur masif".

Interpretasi itulah yang digunakan untuk menggambarkan monolit yang dipopulerkan Stanley Kubrick.

Adapun tentang logam ini, karena berada di tanah publik federal, menempatkan benda seni tanpa izin adalah ilegal.

Pejabat Biro Pengelolaan Tanah sedang menyelidiki berapa lama itu ada, siapa yang mungkin membuatnya dan apakah mereka akan menyingkirkan benda itu dari sana.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Monolit" Logam Misterius Ditemukan di Utah, Dikira dari Dunia Lain", Klik untuk baca:

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved