Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Sosialisasi Pilkada Kalsel 2020 ke Penyandang Disabilitas, Penerjemah Bahasa Isyarat Pun Dihadirkan

Kesbangpol Provinsi Kalsel menggelar Sosialisasi Pilkada bagi penyandang disabilitas

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Sosialisasi Pilkada kepada pemilih penyandang disabilitas oleh Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel di Banjarmasin. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016, setiap warga negara Indonesia termasuk penyandang disabilitas memiliki hak politik dan hak pilih yang setara.

Hal ini pula yang menjadi dasar  gelar Sosialisasi Pilkada bagi penyandang disabilitas oleh Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel di Ballroom Hotel Aria Barito Banjarmasin, Selasa (1/12/2020).

Dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel, Heriansyah, lebih dari seratus pemilih penyandang disabilitas baik fisik, intelektual, mental maupun sensorik mengikuti sosialisasi yang mengundang Ketua KPU Kalsel, Sarmuji sebagai pemateri. 

Karena diikuti peserta penyandang disabilitas, sosialisasi kali ini juga disertai penerjemah bahasa isyarat yang ditempatkan di atas panggung sosialisasi. 

Baca juga: Rombongan DPD RI Dapat Laporan 15 Kasus Pelanggaran Pilkada Telah Diselesaikan

Baca juga: Masuk Daerah Rawan Kecurangan Pilkada, Bawaslu Banjar Gelar Rakor Pengawasan Partisipatif

Selain itu, para pendamping pemilih penyandang disabilitas juga diajak mengikuti sosialisasi. 

Pada kesempatan ini, Sarmuji menerangkan sederet hal yang disiapkan KPU untuk mengakomodir dan mempermudah para penyandang disabilitas untuk menyalurkan hak pilihnya di TPS Tangga 9 Desember. 

Termasuk penyiapan template surat suara yang dilengkapi huruf braile, hingga bagaimana persyaratan dan ketentuan bagi para pendamping pemilih penyandang disabilitas. 

Ia menyatakan sudah memberikan instruksi kepada seluruh KPU kabupaten/kota di Kalsel agar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di setiap TPS menyiapkan template surat suara bagi penyandang disabilitas netra. 

Lalu bagi pendamping ditegaskan Sarmuji, pendamping tidak boleh membocorkan kepada orang lain tentang pilihan pemilih penyandang disabilitas. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved