Breaking News:

Berita Tabalong

Semua Pukesmas di Kabupaten Tabalong Sudah Berstatus BLUD

Total 13 puskemas telah menjadi BLUD setelah melalui penilaian dari tim yang diketuai Sekda Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Status Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) tahun ini telah didapatkan seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

Ini menyusul lolosnya 13 Puskemas untuk menjadi BLUD setelah melalui penilaian dari tim yang diketuai Sekda Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Taufiqurrahman Hamdie, Kamis (3/12/2010), menyampaikan, jumlah Puskesmas yang ada di Tabalong ada 18 buah.

Dari 18 Puskesmas itu, sejak lima tahun lalu sudah ada 5 puskesmas yang berhasil terbentuk menjadi BLUD. "Karena jumlah puskesmas ada 18 maka dilakukan evaluasi dan penilaian potensi terhadap13 puskesmas lainnya," kata Taufik.

Baca juga: Seleksi Terbuka Calon Direktur PDAM Tabalong Diramaikan Pelamar Luar

Baca juga: Lakukan Cara ini, Satlantas Polres Tabalong Bisa Tekan Angka Kecelakaan di Jalan

Baca juga: Berhasil Tekan Angka Kecelakaan, Kasatlantas Polres Tabalong Raih Penghargaan

Baca juga: Tiga ASN Tabalong Ini Raih Untung, Menangkan Motor Hadiah Undian Tabungan Simpeda KPE Bank Kalsel

Dari penilaian tim penilai BLUD yang diketuai Sekda, imbuh Taufik, dinyatakan 13 Puskesmas lulus sebagai puskesmas BLUD yang akan diterapkan mulai tahun 2021. "Jadi  dari 18 puskesmas semuanya sudah berstatus BLUD," ujarnya.

Dijelaskan Taufik, dengan berstatus BLUD ini banyak kemudahan yang bisa didapatkan puskemas untuk meningkatkan mutu kualitas pelayanan Puskesmas. Selain itu dari segi pengelolaan keuangan, Puskemas akan lebih leluasa dalam melakukan penganggaran. 

Ini karena, pendapatan dari BLUD bisa dipakai langsung Puskemas untuk kegiatan operasionalnya. Kemudian, Puskesmas juga bisa mengangkat sendiri tenaga kontrak untuk menambah SDM yang diperlukan.

"Ada 13 keleluasaan dari BLUD. Nah kemudahan-kemudahan inilah yang akan menjamin puskesmas akan lebih bergerak cepat dalam rangka  peningkatan mutu kualitas pelayanannya," ungkapnya.

Selanjutnya, terkait perubahan status menjadi BLUD ini, tekan Taufik, tentu saja Puskesmas harus siap dengan SDM pendukung, terutama terkait pengelolaan keuangan dengan menyiapkan akuntan.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved