Breaking News:

Penanganan Covid 19

Vaksin Corona Sinovac Hadir di Indonesia, Ini Daftar 5 Perusahaan Asing Penyalur Vaksin Covid-19

sinovac, vaksin sinovac, vaksin covid, vaksin covid 19, Vaksin Corona, Vaksin Covid-19 hadir di Indonesia dari China, Ada 5 perusahaan asing penyalur

Editor: Royan Naimi
Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Indonesia pada Minggu (6/12/2020). Vaksin diterbangkan dari Beijing, Cina dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 21.30 WIB. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Vaksin Corona atau Vaksin Covid-19 telah hadir di Indonesia dari China. Ada 5 perusahaan asing yang jadi penyalur vaksin.

Melalui Kementerian Kesehatan, pemerintah menetapkan jenis vaksin yang resmi digunakan untuk program vaksinasi nasional, baik vaksinasi yang dibiayai pemerintah maupun vaksinasi mandiri.

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/ Menkes/ 9860/ 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disesase 2019 (Covid-19) jadi panduannya.

Seluruh vaksin yang disetujui pemerintah tersebut sudah mendapatkan izin edar atau persetujuan penggunaan pada masa darurat (emergency use athorization/EUA) dari badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Ada 6 jenis vaksin yang bisa dipakai untuk vaksinasi nasional. Kecuali satu jenis vaksin produksi Bio Farma, lima vaksin Covid-19 lainnya diimpor dari luar negeri.

Berikut ini daftar 5 perusahaan asing pemasok vaksin corona di Indonesia:

1. Sinovac, China

Sinovac merupakan salah satu perusahaan multinasional pembuat vaksin terbesar di dunia. Perusahaan ini mulai dirintis oleh Weidong Yin yang mengembangkan vaksin hepatitis A.

Di China, perusahaan ini mengoperasikan fasilitas produksi dan research and development di 5 lokasi. Kantor pusatnya berada di Beijing. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki fasilitas lab di Brasil.

Sinovac yang didirikan tahun 2001 ini memproduksi dua kategori vaksin, yakni vaksin untuk influenza dan vaksin untuk hepatitis. Selain itu, Sinovac juga memproduksi vaksin untuk binatang.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved