Pilwali Banjarmasin 2020

VIDEO Bangun TPS untuk Pilwali Banjarmasin 2020 di Parkiran DPRD Kalsel

Panitia Pilwali Banjarmasin dan warga memanfaatkan area parkir di gedung DPRD Kalsel menjadi TPS agar bisa menerapkan jaga jarak untuk cegah Covid-19.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kota Banjarmasin, memanfaatkan halaman parkir Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menjadi TPS.

Beberapa orang mendirikan tenda berukuran kurang lebih 6 x 6 meter setinggi 5 meter, di area gedung  yang berada di kawasan  Jalan MT Haryono. Nantinya, TPS tersebut digunakan untuk keperluan Pilwali Banjarmasin 2020 sekaligus Pilgub Kalsel 2020

Dijelaskan Ketua KPPS TPS 02 Kelurahan Kertak Baru Ulu, Nia Purnama Sari, persiapan yang dilakukan memang hanya sebatas  pemasangan tenda dan penyiapan kursi-kursi.

Sedangkan persiapan lainnya akan dilakukan bertahap hingga sebelum TPS dibuka untuk pemilih saat Rabu (9/12/2020) pukul 7.00 Wita.

Pasalnya, kata Nia, pihaknya masih menunggu losgistik dari kelurahan untuk nantinya ditata dan digunakan di TPS.

Termasuk di antaranya, kertas suara, kotak suara, tinta tetes, formulir C hasil hingga logistik alat pelindung diri (APD) berupa masker, hand sanitizer, desinfektan dan yang lainnya.

Baca juga: Selama Pandemi, Dokter di RSJ Sambang Lihum Kalsel Ini Sebut Orang Stres Meningkat

Baca juga: November 2020 Kalsel Terjadi Inflasi 0,69 Persen, Dipicu Naiknya Harga Produk Makanan dan Minuman

Baca juga: Dukung Pengamanan Pilkada 2020, KRI Mandau-621 Lakukan Patroli Keamanan di Perairan Kalsel

Baca juga: Buka di Masa Pandemi, Armani Pyramid Suites Banjarmasin Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Baca juga: VIDEO Polresta Banjarmasin Menggelar Rapid Test yang Diikuti 400 Anggota

Baca juga: Ditipu Oknum ASN DLH Banjarmasin, Korban Tuntut Uangnya Kembali  

Lokasi halaman parkir Gedung DPRD Provinsi Kalsel dipilih dan diusulkan sebagai lokasi TPS, kata Nia, mengingat lokasinya yang luas, sehingga lebih mengakomodasi pengaturan jarak terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Karena luas, jadi lebih enak mengatur jaraknya. Karena susunan titik lokasi bilik suara, kotak suara, tempat petugas KPPS hingga lokasi area tunggu sudah diatur layout nya oleh KPU," kata Nia.

Pada hari H pencoblosan saat Rabu (9/12/2020), TPS ini akan melayani 351 pemilih yang merupakan warga dari RT 03 dan RT 04 Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Ditambahkan Ketua RT 4 Kelurahan Kertak Baru Ulu, Banjarmasin Tengah, Hamid Effendi, pihaknya berkoordinasi dengan KPPS TPS 02 sudah mengajukan dan mendapatkan izin dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel beberapa hari sebelumnya.

Sekretaris DPRD Provinsi Kalsel, H AM Rozaniansyah, membenarkan, pihaknya melalui Kepala Bagian TU Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel sudah menerima permohonan izin penggunaan halaman parkir Gedung Kantornya untuk digunakan sebagai TPS.

Menurutnya, penggunaan halaman parkir Gedung Kantor DPRD Provinsi Kalsel sebagai TPS tak menjadi persoalan, apalagi pada hari H pemungutan suara sudah ditetapkan Pemerintah sebagai hari libur Nasional.

Sehingga, menurutnya, tak akan ada aktivitas berarti di Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel saat hari H pemungutan suara.

"Ya, suratnya sudah masuk melalui Kabag TU. Itu tidak masalah karena untuk kepentingan bersama juga," ceplos Rozaniansyah.

( Banjarmasinpost.co.id'> Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved