Universitas Terbuka

Pelaksanaan UAS Take Home Exam di Universitas Terbuka

Pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) di UT merupakan bagian dari evaluasi hasil belajar mahasiswa.

Editor: Eka Dinayanti
Universitas Terbuka
Rektor UT Prof Ojat Darojat 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) di UT merupakan bagian dari evaluasi hasil belajar mahasiswa.

Penyelenggaraan UAS pada kondisi normal sebelum ada Pandemi Covid-19 dilakukan dengan berbagai modus secara tatap muka atau online dengan mempertimbangkan kondisi dan kapasitas ataupun pilihan mahasiswa sendiri.

Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan Universitas Terbuka Dr. Sri Sediyaningsih menjelaskan dengan adanya Pandemi Covid-19, UAS pun tidak mungkin dilaksanakan secara tatap muka.

Potensi kerumunan mahasiswa yang sangat besar di satu tempat dengan durasi interaksi yang lama sangat rentan terhadap resiko penularan virus Covid.

Meskipun demikian, asesmen hasil belajar mahasiswa selama satu semester tetap harus dilakukan untuk menjaga kualitas akademik.

Oleh karena itu, sesuai dengan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19 serta Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020-2021 di Perguruan Tinggi, Direktorat Belmawa, Ditjen Dikti, pada semester ganjil tahun 2020 (2020/21.1-2020.2) Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan UAS secara online.

Pada semester 2020/21.1 (2020.2), salah satu skema baru dalam penyelenggaran UAS di Universitas Terbuka adalah Take Home Exam (THE).

Modus THE adalah salah satu skema yang digunakan dalam rangka mengoptimalkan layanan online khususnya layanan ujian di masa pandemi.
Pelaksanaan UAS THE dijadwalkan berlangsung dari tanggal 5 hingga 18 Desember 2020.

Penyelenggaraan UAS THE pada saat ini adalah yang pertama dan terbesar sepanjang sejarah UT.

Kegiatan UAS tersebut diikuti oleh 312.236 mahasiswa yang tersebar di dalam dan di luar negeri, dengan total peserta ujian seluruh mata kuliah adalah 1.717.614.

UT menyadari kompleksitas dan risiko penyelenggaraan UAS Online dengan peserta sebesar itu.

Tim bekerja keras luar biasa mengembangkan aplikasi UAS THE dengan beberapa kali ujicoba.

Namun pada Hari Pertama pelaksanaan UAS di hari Sabtu (5/12/2020) terjadi kendala teknis dan jaringan yang mengganggu pelaksanaan ujian.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved