Breaking News:

Pilkada Banjarbaru 2020

Pilkada Banjarbaru 2020, Martinus Unggul di TPS Denny Indrayana, Wartono Klaim Raih Suara Banyak

Calon wali kota Banjarbaru Martinus peroleh suara banyak di TPS dekat rumah calon gubernur Kalsel Denny Indrayana.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
TIM MARTINUS-DARMAWAN UNTUK BPOST GROUP
Saat calon wali kota, Martinus, memberikan hak suaranya di TPS 33, Jalan Cengkeh RT 27 Mekatani, Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (9/12/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) dimana calon gubernur Kalimantan Selatan Denny Indrayana mencoblos, pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Banjarbaru Martinu-Jaya raih suara terbanyak.

Lokasi TPS 007 dimaksud tersebut berada di Jalan A Yani Km 36, Gang Purnama No 4, Kelurahan Komet, Kota Banjarbaru, Kalsel. 

Hasil di TPS 007 ini, paslon wali kota dan wakil wali kota Banjarbaru nomor urut 1, Gusti Iskandar-Iwansyah mendapatkan 54 suara, nomor urut 2 Aditya-Wartono mendapatkan 40 dan nomor 3 Haji Martinus-Darmawan Jaya mendapatkan 87 suara.

"Jadi , ada 181 surat suara sah, yang sembilan tidak sah. Rata-rata tak sah, ya karena ketiga calon wali kota dicoblos semua," kata Ketua TPS 007 Kelurahan Komet Banjarbaru, Anton Setiadi. 

Sementara itu, hasil quick count sementara versi tim pemenangan paslon Aditya-Wartono, klaim unggul di Pilwali Banjarbaru 2020.

Baca juga: Update Covid-19 Kota Banjarbaru: Positif Melonjak, Tambah 21 Orang

Baca juga: Pilkada Banjarbaru 2020, Calon Wali Kota Martinus Pilih di TPS 33 Mekatani Guntung Manggis

Baca juga: Pilkada Banjarbaru 2020, Calon Wali Kota Gusti Iskandar Coblos di TPS 47 Guntung Manggis

Posisi itu, mereka proses dari data hasil perhitungan di 171 TPS, sedangkan total ada 556 TPS di Banjarbaru, sehingga data yang masuk sudah  seperempat dari total TPS yang ada.

Hasil Quick Count sementara ini disambut ucapan syukur oleh Calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono

Menurutnya, perhitungan cepat Aditya-Wartono mengantongi 41,17 persen suara. Diikuti paslon Gusti Iskandar-Iwansyah 29,88 persen suara dan paslon Haji Martinus-Jaya 28,94 persen suara. 

"Kami tunggu perkembangan, ini sudah masuk 25 persen dari TPS masuk, hasil bisa dilihat didalam perhitungan di posko induk kami," ujar Wartono, Rabu (9/12/2020) sore.

Diterangkannya, jika melihat dari hasil Quick Count sementara, ia dan Aditya unggul di tiap kecamatan. "Ini memang kami prediksikan. Harapan akhir mencapai 55 persen," terangnya.

Dijelaskannya, sistem atau cara perhitungan cepat yang pihaknya lakukan sesuai seperti Real Count. "Kami seperti Real Count, perhitungan dari saksi di TPS. Tiap TPS ada 3 Saksi. Data kami bersumber dari TPS," jelasnya. 

Tapi, Wartono masih menunggu perhitungan selesai. Pihaknya menunggu hasil selesai secara keseluruhan dari 556 TPS di Banjarbaru.

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved