Breaking News:

Berita Tapin

Digerus Banjir,  Jalan Kabupaten di Desa Paring Guling Tapin Terancam Rusak

Akses jalan  di RT 3 Desa Paring Guling, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, terancam rusak pasca digerus banjir

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Hari Widodo
Kades Paring Guling untuk BPost
Infrastruktur drainase rusak dan mengancam jalan utama milik Pemerintah Kabupaten di RT 3 Desa Paring Guling, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin, akibat banjir dari tanggul eks tambang jebol di Dusun 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU  - Akses jalan  di RT 3 Desa Paring Guling, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, terancam rusak.

Itu terjadi pasca digerus arus deras air banjir yang turun akibat jebolnya tanggul danau eks tambang di Dusun Limpana, Desa Paring Guling

Jalan itu kondisi beraspal, merupakan aset milik Pemerintah Kabupaten Tapin, lalulintasnya padat  karena sering dilalui warga setempat.

Kepala Desa Paring Guling, Faturrahman mengaku infrastruktur yang rusak drainase di sisi jalan aspal yang rusak. 

Baca juga: Banjir, Petugas di Aluhaluh Kabupaten Banjar Pindahkan Logistik Pilkada Supaya Tidak Kebasahan

Baca juga: Tanggul Jebol, Puluhan Rumah di Desa Sei Anyar Tabalong Kebanjiran

"Jalan kami beri tanda tali temali agar warga berhati-hati karena beberapa sentimeter saja jalan aspalnya amblas," katanya.

Tanda tali temali itu sedethana hanya tali yang diikatkan kantong kretek plastik putih dan karung bekas semen dekat jalan yang hampir amblas.

Kini tanggul eks tambang batubara yang jebol itu sudah ditutup dengan timbunan tanah oleh dua alat berat jenis ekskavator.

Danramil Bungur, Kapten Inf Budiman yang mengecek dua alat berat itu bekerja menutupi lubang dari tanggul yang jebol tersebut, Jumat (11/12/2020) malam, sekitar pukul 21.00 Wita.

Andaikan tanggul jebol itu tidak disumbat, akan banyak warga di Desa Paring Guling yang mengalami kerugian dan infrastruktur lainnya rusak seperti Puskesmas Pembantu dan Posyandu rusak.

Itu karena sebagian kecil warga Desa  yang tinggal di Dusun Limpana berada di bawah gunung atau danau eks tambang.

Baca juga: Hujan Guyur Tabalong Sejak Subuh, Permukiman Rawan Banjir Kembali Terdampak

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tapin, Taufik Hidayat mengaku sudah menurunkan anak buahnya untuk mengecek kondisi jembatan dan jalan di wilayah Desa Paring Guling

Untuk kondisi jalan yang dianggap rawan kecelakaan lalulintas, lelaki yang akrab disapa Buyung itu mengaku akan memasang rambu peringatan berhati-hati.

"Terimakasih atas informasi wartawan,  info terakhir banjir sudah surut dan kondisi jembatan tidak terganggu," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved