Breaking News:

Berita Tabalong

VIDEO Ibu Rumah Tangga di Mabuun Kabupaten Tabalong Madamkan Api

Instruktur pemadam kebakaran Pemkab Tabalong, Kalsel, melatih para ibu rumah tangga di Kelurahan Mabuun tentang cara memadamkan api.

Penulis: Dony Usman
Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Seorang ibu rumah tangga berhasil memadamkan api yang berkobar, menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APR), Sabtu (12/12/2020).

Turut menyaksikan, para ibu rumah tangga, juga pengurus RT, karyawan Kantor Kelurahan Mabuun dan puskesmas, serta anggota Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS).

Mereka melakukannya di bawah bimbingan petugas pemadam kebakaran dari pemkab, di halaman Kantor Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam pelatihan yang dibuka Camat Murung Pudak, Rahmatullah Putra Perdana, peserta diberikan beberapa materi terkait penanggulangan kebakaran yang umum terjadi.

Baca juga: Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tabalong, Panitia Bagikan Makanan ke Panti Asuhan

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Karet, UPPB di Tabalong Dapat Mesin Pembuat Asap Cair

Sementara itu, Lurah Mabuun, Rizky Kurniadi Wijaya, mengatakan, kebakaran merupakan salah satu bencana yang paling sering terjadi tanpa mengenal tempat.

Bencana ini dapat dikatakan adalah bencana yang paling umum dan sering terjadi khususnya di wilayah padat penduduk.

"Oleh karena itu, penting bagi Pemerintah Kabupaten Tabalong hadir untuk memberikan pelatihan pemadam kebakaran kepada masyarakat khususnya di Kelurahan Mabu’un sebagai salah satu upaya pencegahan," jelasnya.

Dengan adanya pelatihan ini, maka bisa diberikan bekal pengetahuan kepada seluruh masyarakat tentang apa yang harus dilakukan apabila menghadapi situasi kebakaran. Termasuk, cara-cara memadamkan api agar tidak membesar sehingga dapat menurunkan kemungkinan kebakaran yang lebih luas.

Baca juga: Beberapa Kali Pindah, Pasar Karet Rakyat di Kelurahan Agung Tabalong hingga Kini Terus Berjalan

Baca juga: Dari Dua Kasus Korupsi, Kejari Tabalong Selamatkan Uang Negara Rp 246.508.061

Terpisah, Kabid Damkar Pemkab Tabalong, H Abdul Noor, mengatakan, dalam pelatihan kali ini materi yang diberikan adalah pengenalan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), cara penggunaan dan perawatan APAR.

Kemudian juga, mengenai penanggulangan kebakaran tahap dini, penggunaan alat pemadam tradisional yang ada di dalam rumah, yaitu handuk, keset, selimut atau kain yang berbahan tebal.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved