Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Penghitungan Suara Pilkada Balangan, Abdul Hadi-Supiani Unggul Semetara di Tingkat Kecamatan

Pengitungan di tingkat kecamatan untuk suara hasil Pilkada Balangan telah berakhir dan akan dilanjut tingkat kabupaten pada 15 Desember 2020.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Saripani, Ketua KPU Balangan, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Pascapesta demokrasi 9 Desember 2020 kemarin, tahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, masih berlanjut. Penghitungan suara tingkat kecamatan telah dilakukan. 

Sejak beberapa hari lalu, pleno perhitungan suara dari PPK di Balangan sudah berlangsung. Di Kecamatan Lampihong menjadi PPK terakhir yang menggelar pleno tersebut. 

Dari delapan kecamatan, jadwal pleno pun berakhir pada Minggu (13/12/2020). Kemudian akan berlanjut pada pleno penghitungan suara tingkat kabupaten, pada 15 Desember mendatang.

Ketua KPU Balangan, Saripani, menyebutkan, dari hasil sementara pleno yang berlangsung, lebih dari 90 persen suara pemilihan bupati dan wakil bupati Balangan telah masuk.

Baca juga: Upaya Putus Stunting, Balitbangda Balangan Gelar Kajian Prevalensi Stunting

Baca juga: Rencanakan Bentuk Dua Kodim Baru di Banjarbaru dan Balangan, Danrem Sebut Tunggu Keputusan Pusat

Data tersebut terlihat dari laman pilkadakpu.co.id yang menjadi sumber informasi perolehan suara Pilkada serentak tahun 2020.

"Perhitungan dari aplikasi Sirekap sudah tinggi sejak pleno perhitungan suara di PPK berlangsung," ucap Saripani, Minggu (13/12/2020).

Merujuk aplikasi Sirekap, hasil perolehan sementara dua pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Balangan bersaing ketat. Persentasi pun dapat langsung dilihat dalam bentuk diagram. 

Hasil hitung suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan per Minggu (13/12/2020), menunjukkan pasangan calon Bupati Balangan dan Calon Wakil Bupati Balangan nomor urut 1, Abdul Hadi - Supiani mencapai 61,4 persen atau 42,066 suara.

Baca juga: Unggul Sementara di Pilkada Balangan 2020, Abdul Hadi-Supiani, Politikus dan Birokrat Berpengalaman

Baca juga: Update Hasil Perhitungan Suara Pilkada Balangan, Pasangan HAS Capai Angka 61,67 Persen

Sedangkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2, Ansharuddin-M Nor Iswan, 38,6 persen atau 24.420 suara.

Terlepas dari itu, KPU Balangan juga akan terus memantau perhitungan suara yang berlangsung. Setelah melakukan pleno,  dilaporkan ke KPU Kalsel. Kemudian berlanjut pada tahapan penetapan hasil perolehan suara.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved